Viewers

Investasi Asyik Dengan POEMS

Rabu, Agustus 31, 2016
..I.N.V.E.S.T.A.S.I..

Melihat, mendengar, atau bahkan mengucapkan kata INVESTASI, seakan hanya untuk orang yang kaya, yang telah hidup mapan dengan berlebihan uang, sehingga uang lebihnya itu diendapkan atau istilahnya diputar untuk mendapatkan return atau imbal hasil. Dengan kata lain, mengembangbiakkan uang. 

"Ah, gajiku per bulan cuma berapa, dibuat ini itu saja tidak cukup, bagaimana dengan investasi? Mana investasi terkesan mengerikan, perlu uang banyak untuk investasi", hal itu pernah kulontarkan dan banyak orang yang juga sependapat. "Nanti aja deh, kalau saya sudah KAYA!, punya income yang berlebihanan, hidup sudah mapan" itu gumamku saat itu.

Namun seiiring bertambahnya umur, kini aku sudah menjadi wanita dewasa sehingga aku harus paham akan keuangan, mulai dari mengatur dan menghitung keuangan. Berapapun uang yang masuk, semuanya kurencanakan untuk keperluan apa saja, sehingga pengeluaran selalu sejalan sesuai dengan anggaran. "Ada late night shopping!" seru tetangga sebelah. Jujur sebagai wanita yang demen shopping, tergiur, namun aku harus strict, kembali membuka anggaran, ups... rupanya aku harus stop shopping dulu, karena anggaran bulan ini sudah habis. Di situlah, akhirnya aku perlahan namun pasti selalu dapat menyisihkan sisa uang, yah.. walaupun sedikit. 

Uang sisa yang berhasil kukumpulkan dengan susah payah, mengerem segala keinginan dan pengeluaran, awalnya kusimpan di rumah alias bawah bantal istilah orang. Waktu itu aku berniat membeli barang A sejumlah sekian, perlahan kukumpulkan uang selama 1 tahun hingga sejumlah barang A tersbeut. Dengan hati girang, kubawa uang simpananku untuk membeli barang A, betapa terkejutnya, barang itu sudah naik 50%, dan di situlah saya merasa sedih, daya beliku melemah tergerus inflasi. Sebel rasanya...

Hingga akhirnya, mendapat paparan dari seorang kawan perbankan, "yuk nabung saja di bank, nanti dapat program ini itu, dapat hadiah, plus dapat bunga bank dan aman pula" lontaran yang manis. Akhirnya aku ikut menabung di sebuah bank. Setiap bulannya aku rajin menabung dan selama puluhan tahun aku tersadar, bahwa uangku banyak dipotong sana sini, walaupun aku mendapatkan bunga juga. Intinya lama kelamaan uangku menyusut, terlebih jika uang tabunganku dalam nominal kecil. 

Dan, setelah putus aja mencari untuk dapat mengembangbiakkan uangku walaupun dengan modal kecil, akhirnya aku berselancar ke dunia maya. Hingga akhirnya mataku terpanah pada REKSADANA. Beragam pertanyaan muncul di benakku, yang umumnya juga sering dipertanyakan orang awam seperti diriku. 

Reksadana itu barang seperti apa?
>> Merupakan produk keuangan yang dibuat oleh Manajer Investasi dimana akan menginvestasikan dana ke dalam berbagai instrumen keuangan. Manajer Investasi akan membantu kita membuat rincian dana kelolaan yang disesuaikan dengan tujuan investasi melalui berbagai jenis aset, misalnya deposito, produk pasar uang, obligasi, ataupun saham, dengan tujuan akan memberikan potensi imbal hasil namun juga terdapat risiko atasnya.

Reksadana sepertinya cocok untuk orang yang bagaimana? profesinya apa?
>> “Aku ini seorang ibu rumah tangga, pendidikan minim, kerjaan hanya mengurus anak dan masak” atau “Aku ini kerja di sebuah perusahaan multinasional yang padat dan sibuk akan meeting maupun ketemu klien” atau “Aku masih mahasiswa, perlu belajar buat ujian, hang out bareng teman”
>> Perlu diketahui Reksadana begitu fleksibel sehingga tidak melihat anda berprofesi apa, terlebih reksadana sangat cocok bagi yang super sibuk, minim pengetahuan, minim pengalaman dlaam mengelolah investasi. Karena dalam reksadana, investasi akan dikelolah oleh seorang Manajer Investasi yang ahli. 

Bagaimana cara manajer investasi mengerjakan 'duit' kita? Amankah?
>> Tentu sjaa seorang Manajer Investasi bukan sembarang orang, mereka paham benar akan investasi dan memiliki kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman yang dapat dihandalkan.
>> Manajer Investasi biasanya melakukan teknik diversifikasi. Dalam artian, tidak semua uang dibelikan saham, biasanya hanya 80% dari dana yang diinvestasikan ke dalam saham, lalu sisanya dapat diinvestasikan ke dalam instrumen lainnya seperti obligasi. Pepatah Jangan Meletakkan Semua Telur Dalam Satu Keranjang, benar-benar dipegang teguh oleh seorang Manajer Investasi. 

Modalnya besar? 
*Pertanyaan ini bahkan menjadi deretan pertanyaan nomor satu*
>> Tentu saja membutuhkan modal besar jika kita membeli saham secara individu terlebih lagi membeli saham dari beberapa perusahaan, belum lagi membeli obligasi.
>> Namun melalui reksadana, akan 'memapras' modal besar itu, Dengan modal super ringan, mulai Rp. 100.000, kita sudah dapat ikutan ke dalam reksadana. 

Nah setelah terjawab semua pertanyaan di dalam benakku, aku mulai berpikir bahwa reksadana merupakan alat investasi yang begitu nyaman, tentram, menyenangkan, terlebih dapat memulai dengan risiko kecil alias modal kecil. So, mengapa kita tidak menyelam ke dalam reksadana?

Kabar bagus berhembus lagi soal reksadana. Kini teknologi telah dimanfaatkan secara maksimal dalam setiap aktivitas. Lihat saja online shopping yang menjamur dan berkembang pesat, karena begitu praktis, tidak terbatas akan ruang dan waktu. Reksadanapun demikian, mengambil teknologi untuk mempermudah para nasabahnya dalam bertransaksi, dinamakan reksadana online. 



Philip Capital yang berdiri sejak tahun 1975 dan berpusat di Singapura dengan jaringan global di 16 negara, dengan pengelolaan aset lebih dari USD 28 Miliar serta lebih dari 1 juta klien. Philip Cpaital adalah salah satu grup institusi keuangan terbesar di Asia. Philip Capital ‘menelurkan’ Philips Securities Indonesia yang hadir di Indonesia sejak tahun 1989, merupakan sekuritas ritel asing terpercaya di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Cabang Phillips Securities Indonesia tersebar di berbagai kota, seperti Jakarta, Bandar Lampung, Bandung, Batam, Denpasar, Jambi, Pontianak, Purwokerto, Semarang, Surabaya, Tegal, dan Yogyakarta.


Phillips Securities Indonesia senantiasa berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk investornya. Berbagai upaya terus digulirkan untuk memberikan rasa kepuasan dan pengalaman menyenangkan bersama Phillips Securities Indonesia.

*Divisi riset Phillips Securities Indonesia selalu memberikan analisanya dalam bentuk company focus, daily commentary, afternoon update, technical recomendation, dan regional market, sehingga investor akan mendapatkan gambaran informasi maupun rekomendasi yang dapat digunakan sebagai dasar pemilihan dalam berinvestasi.



*Phillip Morning Market Call (PMMC) turut hadir setiap hari bursa pukul 08.30 - 08.50 WIB melalui webinar antara nasabah dengan tim analisis Phillip Securities Indonesia, yang membahas mengenai kondisi pasar terkini, rekomendasi, dan company updates. Di samping itu, melalui PMMC, nasabah juga dapat berinteraksi langsung dengan pembicara tamu dari emiten-emiten yang ada di Bursa Efek Indonesia.

*Daily Research Broadcast via BBM (Blackberry Messenger) yang memberikan informasi mengenai hal-hal yang terjadi di pasar dimana dapat dicermati pada pagi (sebelum pasar dimulai), siang (sebelum perdagangan sesi 2 dimulai), dan sore (setelah penutupan pasar). Untuk mendapatkan layanan ini cukup email PIN BBM ke customercare@phillip.co.id

Kemudian pada tahun 2003 dengan inovasi barunya meluncurkan POEMS (Phillip Online Electronis Mart System) yang merupakan pelopor trading saham online. Inovasi ini diyakini semakin memberikan kemudahan dalam memilih dan melakukan investasi reksadana dari berbagai perusahaan aset manajemen terkemuka di Indonesia secara online tanpa terbatas waktu dan tempat melalui www.poems.co.id atau www.poems.web.id

Tentunya mempunyai berbagai keuntungan yang akan didapatkan melalui POEMS, yaitu:
1. Gratis biaya pembelian dan penjualan kembali
2. Dapat membeli reksadana dan saham sekaligus dalam satu platform yang terintegrasi dengan mudah, cepat, dan aman
3. Layaknya department store, tersedia bergam jenis reksadana dari berbagai perusahaan. Dapat dikatakan one stop shopping karena mencakup reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham
4. Real time, flexible, secure trading. Tersedia dalam multiple platform yang memberikan informasi harga saham secara real time kapan saja dan dimana saja dengan dilengkapi teknologi enkripsi SSL 128 yang mmeberikan keamanan dan seklaigus fleksibilitas yang tinggi dalam melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja
5. Index, tersedia regional index dan currency secara live, yaitu IHSG, NIKKEI, HSI, STI, DJIA, NASDAQ, USD, SGD, dan EUR sebagai informasi kondisi di bursa regional
6. Menggunakan Rekening Dana Investor (RDI) sebagai rekening pembayaran, sehingga kita tidak perlu lagi menyetor dan alagi ke berbagai rekening bank sesuai dengan reksadana yang dipilih. 
7. Sebagai sarana investasi untuk memaksimalkan imbal hasil dari dana yang mengendap atau saat tidak digunakan
8. Menampilkan berbagai pilihan reksadana yang disertai berbagai informasi pendukung seperti prospektus, kinerja, fund fact sheet, dan sebagainya
9. Memberikan kemudahan dalam memantau kinerja reksadana yang dimiliki
10. Top Up maupun Redemption dilakukan secara online sehingga menghemat waktu dan biaya
11. Mendapatkan berbagai keuntungan dan fasilitas lainnya yang diberikan oleh Phillips Securities Indonesia

Seiring dengan dunia online yang semakin gencar, maka pada tahun 2007 POEMS menjangkau semua gadget, mau itu komputer PC, laptop, produk Apple, Android, maupun Blackberry, semuanya dapat ditanamkan POEMS. Jadi kalau semisal trading online itu butuh gadget ini itu, butuh requirement specs seperti ini itu, jaman sekarang dengan POEMS kita tidak lagi memusingkan soal gadget.



POEMS Web Based --> masuk ke www.poems.co.id kemudian login di halaman login POEMS
POEMS Blackberry --> download apilkasi POEMS melalui App world dengan keyword POEMS Prima
POEMS Iphone --> download aplikasi POEMS melalui App Store dengan keyword POEMS ID
POEMS Ipad --> masuk ke www.poems.co.id melalui Safari kemudian masukkan POEMS ID, Password, dan PIN Code
POEMS Android --> download aplikasi POEMS melalui Play Store dan Samsung Apps dengan keyword POEMS ID
POEMS ProTrader --> download POEMS ProTrader di www.poems.co.id, menu download kemudian install di komputer atau laptop


Lalu, apakah POEMS yang serasa berada di genggaman tangan, mampu memberikan informasi yang lengkap dan rinci? Berikut fitur-fitur yang tersedia, buktikan saja! POEMS membuat segalanya mudah namun tidak asal-asalan. 
.: Info terbaru
.: Grafik saham
.: Status Pemesanan
.: Stock Screener, memberikan informasi tentang laporan keuangandari setiap emiten
.: Smart Safe, dapat digunakan untuk membatasi dan melindungi profit yang sudah terbentuk
.: Tracking, emmudahkan melihat semua transaksi yang telah dilakukan
.: Smart Plan, dapat dilakukan pendebetan secara otomatis pada Rekening Dana Investor (RDI) tiap bulannya dengan jumlah dan waktu yang telah ditetapkan oleh investor
.: Smart Start, membantu kita dalam memutuskan produk reksadana mana yang akan ditransaksikan, dimana didasarkan pada profil risiko
.: smart Order, memberikan pilihan kondisi yang bisa diatur secara lebih lengkap. Tersedia kondisi berdasarkan price dan volume based, time based, dan post trading.
.: Trailing stop, mengamankan keuntungan yang telah didapatkan atau meminimalkan tingkat kerugian yang mungkin terjadi dengan menyimpan instruksi pada server selama 90 hari
.: Watchlist, maksimal 5 incaran saham dapat kita masukkan ke dalam watchlist sehingga kita terus dapat mengikuti pergerakan harga saham, dan hal ini tersinkronisasi dengan smeua platform POEMS yang kita gunakan
.: Basket Order, mulai pukul 20.00 WIB kita sudah dapat melakukan instruksi jual beli untuk keesokan harinya bahkan ketika hari libur kita tetap dapat membuat basket order dimana sistem secara otomatis meneruskannya saat perdagangan kembali buka.
.: Que, berisi informasi mengenai banyaknya jumlah order yang ada pasa tiap volume yang ada pada order book. apabila jumlah ordernya sedikitsednagkan volume yang ada dalam jumlah banyak mengindikasikan bahwa instruksi yang ada di dalamnya dalam jumlah besar.
.: Trade Detail, menampilkan info urutan order di bursa
.: Multiple Monitor & Filter Running Trade, POEMS Pro Trader dapat dikoneksikan dengan 3 monitor tambahan dengan tambahan kartu grafis pada komputer sehingga memudahkan dalam memantau pergerakan harga saham. 
.: Account Management, merupakan catatan pembukaan yang berisikan informasi tentang outstanding position (kewajiban pembayaran yang harus dilakukan termasuk tanggal jatuh temponya), portfolio view (informasi portfolio nasabah secara lengkap yang dapat di export ke Excel), realized profit, transaction history, dan financial history yang disimpan selama 5 tahun di server sistem dan dapat di export ke Excel, RDI movement (informasi secara transparan mengenai pergerakan dari dan ke RDI), payment confirmation dan cash withdrawal (berisi informasi mengenai penyetoran dana ke RDI maupun instruksi penarikan dana ke rekening nasabah)

Berbagai perusahaan Manajer Investasi yang tersebar di Phillips Securities Indonesia, salah satunya adalah
Manulife Aset Management Investment (MAMI)
Merupakan jasa manajemen investasi dan reksadana, salah satu anak perusahaan Manulife Financial yang merupakan grup penyedia layanan keuangan terdepan dari Kanada dengan jangkauan operasinya di Asia, Kanada, dan Amerika Serikat. Melalui kiprahnya yang tak perlu diragukan, MAMI secara konsisten menjadi salah satu perusahaan manajemen investasi terbesar dalam reksadana Indonesia, dana kelolaannya mencapai lebih dari Rp. 46,9 T per Maret 2014 lalu.
1. MAMI berpengalaman dalam pengelolaan dana masyarakat
2. MAMI menawarkan berbagai jenis reksadana, seperti pendapatan tetap, pasar uang, syariah, saham, dan campuran
3. Dapat berinvestasi dengan modal ringan, Rp. 100.000

MAMI mempunyai 7 produk reksadana:
(1) Manulife Dana Kas II, mendapatkan pendapatan dan likuiditas yang tinggi
(2) Manulife Dana Saham, mendapatkan peningkatan imvestasi yang lebih tinggi dalam jangka panjang
(3) Manulife Dana Stabil Berimbang, mendapatkan peningkatan modal melalui suatu model alokasi aset yang fleksibel dan berorientasi pertumbuhan aset dengan melakukan investasi pada efek dimana efek bersifat hutang baik yang diterbitkan oleh Indonesia yang dikeluarkan oleh badan hukum atau perusahaan
(4) Manulife Dana tumbuh Berimbang, peningkatan modal melalui suatu model alokasi aset yang fleksibel dan berorientasi pada pertumbuhan aset dengan melakukan investasi pada efek dimana efek bersifat hutang baik yang diterbitkan oleh Indonesia yang dikeluarkan oleh badan hukum atau perusahaan
(5) Manulife Obligasi Unggulan, mempunyai tujuan untuk menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dengan melakukan investasi pada Efek bersifat hutang yang diterbitkan oleh badan hukum Indonesia dan atau negara Indonesia termasuk instryumen pasar uang yang mempunyai jatuh tempo kurang dari 1 tahun dan diterbitkan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan dalam mata uang Rupiah
(6) Manulife Saham SMC Plus, bertujuan untuk mendapatkan pertumbuhan investasi yang tinggi dalam jangka panjang dengan menginvestasikan sebagian besar dananya dalam Efek bersifat ekuitas yang berkapitalisasi kecil dan menengah
(7) Manulife Syariah Sektoral Amanah, mempunyai tujuan untuk menghasilkan peningkatan modal dengan berinvestasi pada saham-saham sesuai prinsip-prinsip Syariah dari perusahaan yang bergerak dalam sektor yang memiliki posisi yang baik di bursa dengan memanfaatkan peluang yang ada pada perekonomian Indonesia dan global serta memberikan kinerja investasi jangka panjang yang optimal.

Merupakan pilihan yang sangat tepat bila memilih MAMI sebagai Manajer Investasi yang sudah diakui kredibilitasnya. Diantara 7 reksadana yang dimiliki oleh MAMI, semuanya dapat bermodal super ringan, yaitu Rp. 100.000 dan fee 0% sehingga sangat sesuai untuk semua umur dan kalangan, bahkan mahasiswa sekalipun. Dari ketujuh reksadana MAMI, saya pribadi memilih Manulife Dana Tumbuh Berimbang dan Manulife Obligasi Unggulan



Manulife Dana Tumbuh Berimbang memiliki tingkat return yang selalu positif, baik 1M (1 bulan), 1Y (1 tahun), YTD (Year To Date, dari awal tahun hingga sekarang), maupun 3Y (3 tahun). Apabila kita melihat return 3Y sebesar 25,9% , return tersebut termasuk return yang tinggi, dimana melebihi IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) yang sebesar +/- 23% (periode 2013-2016). Di samping itu, return 25,9% juga dapat mengimbangi tingkat inflasi di Indonesia yang +/- 6,14% (Januari 2013 sd Juli 2016).





Sedangkan untuk Manulife Obligasi Unggulan aku telah terkesima dari namanya, yang merupakan obligasi unggulan dimana performanya sudah pasti bagus. Benar, untuk return tidak pernah negatif, selalu menunjukkan angka positif, dimana return 1M sebesar 0,09%, return 1Y sebear 20,64%, retur YTD sebesar 17,03%, dan return 3Y sebesar 32,42%. Return sangat penting untuk investor karena kita dalam dunia investasi yang mengharapkan return yang cukup besar sehingga uang kita akan terus berkembang dan kebal akan inflasi. Return 3Y sebesar 32,42 % lagi-lagi diatas IHSG yang sebesar +/- 23% dan tingkat inflasi 6,14%. Dengan demikian, daya beli akan terjaga. 

Jadi, mengapa tidak memulai melakukan investasi online secara smart di reksadana online melalui POEMS ProFunds dan #WujudkanImpianmu 
Segera kunjungi Phillips Securities Indonesia


Talk To Us. Talk To Phillip.
To find out more, call (62-21) 57 900 900
email customercare@phillip.co.id
visit www.phillip.co.id



  • Instagram : @Talktophillip
  • Facebook: facebook.com/talktophillip
  • Twitter: @talktophillip
  • LinkedIn: Phillip Securities Indonesia




0 komentar: