Windows Server 2003 End of Support, Come On! Migrate to Something Wow!

Sabtu, April 18, 2015
Bisnis kian menggeliat dengan adanya pemanfaatan teknologi digital. Oleh karena itu fokus terhadap kelangsungan bisnis dan meraih keuntungan sangat mutlak diperlukan dengan 2 cara, yaitu meningkatkan omset atau menurunkan biaya operasional. Dalam situasi yang penuh dengan persaingan dan target market yang makin “pintar” cara untuk efisiensi merupakan alternatif pilihan yang tepat. Tentunya masih teringat di benak kita yang baru saja meninggalkan atau tengah menggunakan Windows Server 2003. Warning! Bahwa Windows Server 2003 akan End of Suppport pada 14 Juli 2015, dalam artian sudah tidak ada lagi support, aplikasi, patches, updates untuk Windows Server 2003 sehingga  Microsoft tidak lagi menjamin keamanan dari sistem kita. Hal ini berdampak pada biaya yang bengkak sebagai biaya maintenance apabila terjadi kerusakan. Suatu hal yang useless apabila kita tetap memakai Windows Server 2003 karena sudah tidak lagi sesuai dengan regulasi dan standar industri, dimana akan mempersulit bisnis kita dalam mendapatkan sertifikasi untuk audit.

Oleh karena itu, segera pikirkan dan lakukan untuk bermigrasi. Rumit? Lama? Bingung? Berikut panduannya. Pertama perlu dilakukan identifikasi dengan mencatat semua aplikasi dan workload yang berjalan pada server 2003. Kemudian mengevaluasinya dan mengategorikannya menurut tingkat kepentingannya, kompleksitas, dan resiko. Langkah terakhir, menetapkan target dengan mengidentifikasi tujuan kita seperti halnya faktor kecepatan, kemudahan migrasi, biaya, dan fungsi.

Dan inilah saat yang dinanti, migrasi yang adalah solusi yang tepat seiring semakin sempitnya waktu. Microsoft melalui gebrakannya telah menyediakan teknologi cloud dan server akan membantu pemain bisnis dalam menekan biaya operasional dan bahkan meraup keuntungan bisnisnya. 


www.azure.com

Adanya windows Server 2012 R2 yang merupakan solusi on-primese tentunya sangat mendukung proses bisnis seperti komunikasi email dan aplikasi bisnis yang lancar dan mampu menekan biaya operasional. Serta Microsoft Azure yang menggunakan teknologi cloud sangat cocok pada era digital ini dimana fleksibel dengan fitur open source friendly yang mendukung Windows, Linux, SQL Server ke Oracle, C #, dan Java. Hebatnya lagi Microsoft Azure dilengkapi dengan fitur pay as you go, dalam artian kita sebagai permulaan tidak perlu membayar mahal untuk jumlah data yang masih kecil sehingga dari biaya modal akan beralih ke biaya operasional dan tentunya perusahaan akan dapat menghemat investasi hardware hanya untuk kebutuhan back up. Sangat baik apabila perusahaan kita telah didukung oleh penggunaan server dan cloud sehingga proses back up akan berjalan dengan murah. Mengenai keamanan? Microsoft dapat dipercaya!

http://channel9.msdn.com/Blogs/CANITPRO/Keep-your-data-safe

Suatu ciptaan Microsoft yang luar biasa untuk kita semua Windows Server 2012 dan Microsoft Azure sebagai pendukungnya.


video



0 komentar: