Sirion Experience Terindah Gue dan Bakalan Gue Miliki

Kamis, Januari 29, 2015
Tema: Sirion Sahabat Muda


Bicarain soal Sirion, so pasti sahabat muda uda pada tau semua, kalau Sirion merupakan city car andalan dari PT. Astra Daihatsu Motor, sebuah perusahaan otomotif besar from Japan. Nah di kesempatan kali ini, gue ingin mengenang masa-masa gue menggunakan Daihatsu Sirion di tahun 2011 silam ketika gue masih dinas kerja di Jakata *sekarang sudah balik di domisili asal yaitu kota Surabaya tercinta*. Alkisah ceritaku demikian... di simak ya :D 

Pada tahun 2011 silam, gue dan suami harus hijrah ke ibukota Jakarta *awalnya serem karena terngiang istilah kejamnya ibukota* karena pekerjaan. Nah kebetulan kami mendapatkan pinjaman (pinjaman loh ya, jadi hanya bisa dinikmati tapi tak bisa dimiliki) mobil dari saudara suami, sebuah mobil berlabelkan Daihatsu Sirion berwanakan Hitam atau istilah pewarnaan kerennya ultra black

sumber gambar : www.daihatsu.co.id

Yeah, waktu serah terima kunci di suatu malam di rumah saudara, kita uda ngga sabaran banget untuk segera mencobanya dan membawanya pulang. Maklum waktu itu kita tinggal di Bekasi dan mengambil mobil Daihatsu Sirion ini di rumah saudara di Bekasi, dan itu kami tempuh dengan kendaraan umum :(

Sebuah kunci kontak dengan immobilizer with alarm *super safety karena sudah anti maling loh apalagi ada alamrnya* sudah berada di tangan, sempat berebut antara gue dan suami untuk siapa yang akan mengendarai pertama kalinya. Akhirnya kunci kontak di lemparkan suami ke udara dan kami berdua berebut untuk menangkapnya. Hehehe akhirnya kunci itu telah berada di tanganku. Oke hubby, let's go in! 

sumber gambar : www.daihatsu.co.id

So pasti langkah pertama adalah membuka handle pintunya. Walaupun mobil imut mungil tapi super keren loh. Handle pintunya sudah gride tipe door handle, so kagak mau ya kampungan seperti mobil kuno yang membukanya seperti gerakan tangan menyanyikan lagu "hai mari kemari", namun Sirion telah menggunakan sistem tarik untuk membukanya. Blup... aku tutup pintunya, of course setelah aku masuk dan duduk di dalamnya. Aku mengamati interiornya, mulai dari speedometer yang stylish dimana menginfokan kecepatan, rpm, estimasi jarak yang ditempuh, dan tangki bbm *upss... tangki bbm, gue langsung masukkan kunci dan mulai start up engine untuk melihat tangki bbm, napas lega dan panjang.... full tank booo* 

Lanjoeett.... ke setir, wow! terpukau karena bisa tilt, jadi setirnya bisa kunaik dan turunkan sesuai postur tubuhku dan tentu saja setir ini dilengkapi EPS (electronic power streering) so gue ngga bakalan gempal kalau kelamaan muter-muter setir wkwkwk :D Kerennya lagi, di bawah setir terdapat collapisible steering down, ini nih super safety karena Daihatsu Sirion akan melindungi gue dari benturan pada setir saat terjadi crash *amit-amit deh, tapi Sirion telah menjaga kita*

Guenya lagi buka-buka sunshade untuk ngaca tampang sumringah gue, eh hubby berisik memperhatikan head unit sambil berkata: "eh say bisa MP3 lo. Nih ini ada USB nya, kamu kan bawa USB yang berisi lagu di tasmu kan say, yuk ayuk coba coba.... Eh eh ini ada juga bluetooth, langsung si hubby keluarin ponselnya dan mencobanya" Aduh aku langsung bingung dan pusing, eh iya malam itu kita berdua belum dinner, ribut banget si hubby satu ini. Akhirnya mencoba setel lagu via bluetooth. Kemudian aku terperangah ketika melihat transmisinya. Oh oh... Sirion yang sedang kududuki ini adalah automatic. "Say, AT hehehe... tuker ya, kamu ada yang nyetir, sambil nyengir" pinta gue, habisnya gue belum pernah bawa matic sama sekali. Dan suami menanggapinya dengan senang hati, sambil berkata, makanya dari tadi gue aja yang nyoba nyetir pertama kali, gue diem aja sambil manyun dan keluar untuk berganti posisi.

Oke, setelah kita pasang seat belt yang mana bisa di adjust tinggi rendahnya sesuai postur tubuh kita, menaruh segala isi kantongku pada side pocket pada bagian pintu. Ahh leganyaaa saat itu perasaanku bercampur hepi. Dari luar mobil aku samar-samar mendengar suara saudara, eh ternyata sudah di samping kaca driver, hubby menurunkan kaca window yang tentunya sudah otomatis *ngga perlu ngenggkol ya*. "Kalian ada kesusahan? kok belum pergi?" tanya saudara dengan penuh keheranan. Kami berdua hanya nyengir senyum, "iya nih kita mau pulang dulu ya, habis Sirion itu wow!" kata suamiku. "come on say, kita dinner dulu sekalian perayaan nih" pintaku. 

Setelah bersantap malam berduaan, kita langsung balik kandang di Cibubur dan waktu sudah sangat larut, kami kecapekan dan segera ke pulau mimpi setelah sebelumnya menerima telpon dari saudara yang menanyakan bagaimana pendapatku soal Sirion-nya. Esoknya adalah hari Minggu, yeah kami punya waktu senggang untuk menyelidiki Daihatsu Sirion ini *maklum kami adalah pasangan yang suka detil walau kadang-kadang suka heboh sendiri berdua* 

Di hari Minggu pagi yang cerah, kami berdua mengamati dan memulai penyelidikan kami terhadap Daihatsu Sirion Hitam ini. Mempunyai 5 pintu yang saat itu kami buka semua, 4 pintu di samping untuk driver dan penumpang dan 1 pintu di belakang alias buntut Sirion. Berbetuk hatchback yang mana aku sukaaaa banget dengan mobil tipe ini karena pasti fungsional untuk bagasinya. 

Untuk spionnya sudah dilengkapi cover mirror yang mana warnanya adalah sesuai dengan warna body tentunya juga dilengkapi lampu loh, jadi membantu pengendara lain mengetahui arah kemana kita akan melaju dengan lampu sein di spion luar ini. Untuk lampu utama depan alais headlamp telah menggunakan lampu putih yang lebih terang namun tidak menyilaukan (projector headlamp). Tidak tanggung-tanggung, Sirion juga memperlengkapi fog lamp yang sangat membantu kita sebagai pengendara di musim kabut dan hujan deras, desainnya tentu saja bulat mungil dan sporty. Gimana sudah ngiler? bentar.... masih ada nih lanjutannya. Tetep di simak yaaa....

Untuk grill bumpernya simple minimalis. gue dan suami suka yang simple minimalis loh, biar gampang dibersihinnya :D Sekarang yuk ke bagian body belakang, walau bagian belakang namun Sirion masih teteup kece lo. Lihat saja lampu belakang yang sudah LED dan suami sampai melongo ketika menunjukkanku bahwa Sirion sudah ada sensor parkirnya di belakang. "hahaha aman nih buat kamu say, biasanya kan kamu suka nubruk belakang waktu parkir" katanya. Aku dongkol sedongkolnya gggrrrrr.... Tapi obat ceriaku kembali muncul ketika melihat velg, "wow... say lihat bukan velg kaleng dop lagi, tapi sudah aluminium loh" teriakku sambil menyeret tangan suami untuk kutunjukkan.  

Kembali kita ke bagian belakang untuk melihat bagasi. Bagasinya hmmm... cukup dalam, muat nih untuk koper ukuran medium. "Kini ngga bingung lagi, mau belanja apa jadi tenang" kata hubby meledekku, *hehehe aku emang suka belanja, iya sih cewek kan??*

Aku mengamati bagian bagasi sambil mengimajinasikan barang belanjaan, si hubby yang sok ke-mesin-an membuka kap mesin sambil teriak-teriak : "eh mesinnya DOHC loh, tau kan kalau DOHC itu membuat mesin jadi lebih bertenaga yaa powerful gitu deh, suaranya juga halus ngga berisik nih, pembakaran sempurna dan hasilnya akselerasi makin oke". Akupun hanya menyahutinya, "wow keren itu" dalam hatiku, ah yang penting Sirion ini kerenlah, gue kaga ngerti mesin begituan, yang penting aku percaya kok keamanan dan kenyamanan Sirion ini, futuristik banget, sambil tetap mengukur-ukur bagasi :p


sumber hambar : www.daihatsu.co.id

Lalu tak selang berapa lama, kita berdua mencoba masuk dan duduk di kursi penumpang belakang, dimana juga dilengkapi seat belt yang bisa diatur pula ketinggiannya. Kemudian kita juga dapat meletakkan air minum di bottle holder *aku langsung buru-buru masuk ke dalam rumah dan keluar lagi sambil membawa botol minum dan menaruhnya di bottle holder. Suami melihat tingkahku hanya bisa geleng-gelengin kepala dan kita sama-sama lanjut menyelidinya kembali. Tak hanya bottle holder, juga ada shopping hook yang biasanya gue suka cantolin makanan yang gue beli terlebih makanan berkuah, di samping itu juga ada seat back pocket, sebuah kantong di belakang kursi depan yang dapat menaruh majalah atau biasanya aku sih payung kecil *lagi-lagi aku masuk ke dalam dan mengambil payung*

Setelah kami puas, kami berpindah duduk di bagian depan. Kita mengamati lebh detil lagi. Di kursi driver dilengkapi seat height adjuster yang dapat menaik-turunkan kursi sesuai dengan pandangan dan setir, jadi menyetir bisa menjadi suatu kesenangan tersendiri. Kemudian di bawah kursi tersedia under seat tray yang dapat dibuka dimana kita dapat menyimpan barang-barang dengan rapi dan bisa dikata tempat rahasia, ssssttttt... di depan kursi penumpang depan juga seperti biasa terdapat glove box yang lagi-lagi kita dapat menyimpan barang-barang di sono. 

Pas kita menutup kelima pintu, terdengar HP hubby berbunyi dan itu dari saudaranya yang kemarin. Ternyata hubbyku diceramahi, demikian : Sirion ini mobil kesayangan anakku loh, saking dia nya sekarang lagi kuliah di Yogyakarta dan sementara kupinjamkan ke kalian. Anak remaja dan muda biasanya puas dan suka dengan Sirion, compact, pas bergerilya di jalanan Jakarta yang macett, enak untuk cari parkir di Mall, dan pas juga buat kalian yang baru nikah gini. Kapasitasnya 1300 cc dengan mesin 4 silinder, 4 katup dan torsi maksimalnya bisa lo mencapai 11.9 kgm/4400 rpm. Super irit bahan bakar, menggunakan mesin 1.5L 3SZOVE I4 fuel injection. Pokoknya keren deh dan tahan benturan jadi aman. Dirawat ya, gpp pakai aja selama si Mira lagi di Yogya. 

Demikian itulah yang diceritakan kembali kepadaku usai telepon. Sore menjelang malam, kembali si saudara itu menelpon hubby dan kembali lagi menanyakan pendapat kita tentang Sirionnya sambil terus membanggakan keunggulan Sirionnya. "uh, ini rela ngga sih minjemin sirion hitamnya ke kita, iya tau tau emang Sirion keren, tapi baru semalam uda ditelepon berkali-kali" geram suamiku. 

Dan akhirnya kami tertidur, ealah di dalam tidurku, aku bermimpi bahwa aku dan suami sedang berlibur berdua mengelilingi kota Jakarta sambil nyasar-nyasar karena ngga hafal jalan, kami mengendarai dengan enjoy sambil mendengarkan lagu favorit, menerobos macetnya ibukota, dan cepat dapat parkir ketika mampir di Mall, tentunya kami berkelana itu dengan Sirion dan pulang hingga larut malam dengan full bagasi barang belanjaan :D 

Aku bangun kesiangan, setelah dibanguni suami tapi aku masih aja bandel, dan akhirnya mukaku diciprati air baru aku terbangun. Sepanjang perjalanan ke tempat kerja kami, aku bercerita soal mimpiku. "dasaaarr.... cewek, belanja terus pikirannya" geram suamiku.

Menikmati Daihatsu Sirion selama 2,5 tahun membuat kami puas dan hepi. Karena pas bagi kami yang baru berduaan saja, untuk mesin tidak ada keluhan sama sekali, irit BBM, dan lincah, Sirion juga keren modelnya, canggih, dan safety. Kami meninggalkan kota Jakarta dan tentunya mobil pinjaman Sirion itu dan kembali ke kota domisili di Surabaya. Sungguh suatu kenangan terindah bagi kami berdua, merasa beruntung mendapatkan mobil pinjaman yang di luar ekspektasi kami. 

Kini kami berdua telah kembali berada di Surabaya. Dan di suatu pagi hari di bulan September 2014, ketika aku masih tidur pulas, suami membangunkanku, bercerita akan mimpinya, bahwa Daihatsu Sirion akan menjadi mobil kita. Setelah kita emngikuti Daihatsu Sirion Slalom untuk unjuk gigi Sirion, kita bersama anak kita akan camping bersama dengan mengendarai Sirion, tapi Sirionnya kok beda ya, dimimpi terlihat lebih keren dan sporty lo... beda dengan yang kita kendarai dulu sewaktu di Jakarta. Aku yang terkaget karena bangun, hanya menimpalinya dengan amin dan senyuman pengharapan.

Di akhir tahun 2014 yang lalu, kami mendengar selentingan kabar *kebetulan gue dan suami penyuka otomotif dan selalu mengikuti update terbarunya :p * Daihatsu akan meluncurkan All New Daihatsu Sirion Facelift, sebuah perubahan dari Daihatsu Sirion. Hal ini diperkuat dengan adanya berita from Malaysia yang pada akhir 2014 lalu memperlihatkan model facelift dari Perodua Myvi, dimana kalau di Malaysia Daihatsu Sirion menggunakan nama Perodua Myvi. So, semakin yakin deh kalau Daihatsu Sirion Facelift akan muncul di tahun 2015 ini :D terlebih di info lomba menampilkan Daihatsu Sirion biru yang sama dengan Perodua Myvi yang diperlihatkan  *so excited, ngga sabar banget* pengen nyobain, pengen memilikinya. Kebetulan Sirion adalah mobil yang tidak bikin kantong jebol tapi it doesn't mean murahan ya... no no, ngga banget bagi Daihatsu. 



Nah bagi temens yang juga pada ngiler mupeng Sirion, buruan aja ikutan join lomba blog Daihatsu Sirion kayak gue, bisa nyobain Sirion plus dapetin hadiah super dahsyat... dan... dan... kita bisa ngumpul bareng blogger-blogger beken dan keren lainnya :D

http://daihatsu.co.id/sirionslalom/

1 komentar:

cynthia chaniago at: Rabu, Februari 04, 2015 3:56:00 PM mengatakan...

nice post....
article yang menarik untuk dibaca dan bermanfaat...
maju terus sob,,,
kunjungi blog saya juga ya sob, http://chaniaj.blogspot.com
dan kunjungi juga situs kesayangan kami http://www.oliviaclub.com/oliviaclub/index.php
oliviaclub poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya
Poker Indonesia, Indonesia Poker, Poker Online Indonesia
yuk,,buruan gabung,,ada bonus nya lho,,,