Viewers

Indonesia : Mungkinkah menjadi tim kejutan di Piala Dunia mendatang ?

Senin, Maret 17, 2014
Semua orang menantikan perhelatan akbar sepak bola dunia. Lihat saja atribut-atribut telah banyak dijual. Andai saja Indonesia berkecimpung, tentu akan bangga memakai merah-putih. Bulan Juni memang tinggal selangkah lagi, semua mata tertuju pada Brasil. Berbagai persiapan dilakukan menyambut tamu dunia yang akan bertanding di negeri kopi itu. Tak hanya Brasil yang bersolek, semua tim juga terus berlatih dengan menambah jam latihannya. Kesiapan fisik dan mental terus diberikan oleh sang pelatih handal. Juara! Ya...titel sebagai juara dunia dimimpikan oleh semua pemain. Bukan tidak mungkin ada tim kejutan pada Piala Dunai 2014.

Dari zona Eropa, tim Spanyol patut diperhitungkan. Pretasinya begitu memukau sebagai juara bertahan dalam Piala Eropa dan Piala Dunia 2010. Begitu juga dengan Inggris yang merupakan cikal bakal sepak bola modern, dengan pelatihnya Roy Hodgson yang terus menerus menggelontorkan semangat dan taktik bertanding.

Apapun dapat saja terjadi. Pemenang dari tim yang difavoritkan sangat sah, namun tim kejutan sebagai black horse akan lebih membangkitkan euforia masyarakat. Segala prediksi dan ramalan serta persepsi banyak bermunculan. Namun kenyataan sebagai pemenang hanya mampu dinantikan. Tim-tim underdog tidak boleh diremehkan. Kemujuran atau faktor luck boleh dikata, namun kenyataan yang terjadi ketika Korea Selatan yang pernah memukau dunia dengan mengalahkan tim Italia. Adapula kuda hitam yang dapat saja terbangun di Piala Dunia 2014. Colombia menjadi tim kuat dengan adanya Falcao. Chile juga mencomot Alexis Sanchez dari Barcelona dan Arturo Vidal dari Juventus. Rombakisasi pemain untuk jadi sang pemenang.


Dibalik antusiasme Piala Dunia 2014, terselip harapan besar pada timnas Indonesia U19 yang arsiteki oleh Indra Sjafri. Prestasi diraih oleh timnas U19 ketika menjadi tuan rumah pada AFF U19 Youth Championship 2013 lalu dan merebut prestasi ganda, juga keberhasilannya dalam menaklukkan Korea Selatan di ajang Kualifikasi AFC U19 Championship. Semua tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Semangat, niat, kerja keras, dan konsistensi diperlukan secara kontinu untuk memoles para pemain hebat timnas U19 ini sehingga dapat menggapai asa. Masih panjang jalan di depan, namun dengan tim yang solid dan keyakinan akan mampu melewati berbagai tahapan dan nantinya bukan tidak mungkin Indonesia akan berjaya sebagai tim kejutan di Piala Dunia.

0 komentar: