Viewers

Domain .id, mengapa tidak ?

Senin, Januari 21, 2013
Dalam perjalanan hidupku hingga saat ini, aku mengalami dan merasakan perubahan yang begitu dramatis, utamanya tentang kecanggihan dan kemodernan dunia. Masih teringat jelas, ketika saat itu aku duduk di bangku SMP dan salah seorang sahabatku pindah sekolah ke Singapura. Kita melakukan komunikasi melalui surat yang dikirim via pos dan itu memakan waktu pengiriman selama 3 hingga 1 bulan dengan jenis pengiriman biasa. Hingga suatu ketika, lebih kurang setahun sahabatku menetap di Singapura, sahabatku itu mengenalkanku akan internet, yang dimulai dari e-mail sebagai sarana pengganti surat dan MIRC serta ICQ yang saat itu sedang ramai dipakai orang untuk mengobrol. Aku dan sahabatku sangat menikmati hal baru ini dan benar-benar efektif sekaligus efisien.

Tidak hanya berhenti di situ, dunia akan internet terus menggeliat hingga ke media sosial yang makin hari bertambah banyak dengan fitur andalannya masing-masing. Kemudian terus berkembang ke website dan blog, dimana kita dapat menuliskan apapun dari urusan bisnis untuk jual-beli maupun meningkatkan merek, hingga urusan pribadi seperti promosi diri akan pencapaian yang telah diraihnya maupun sebagai buku curhatan. Blog sendiri bisa dikatakan sebagai anakan dari website, yang mana konsepnya sangat mudah dipahami, dan banyak platform yang menyediakan blog ini secara gratis. Pengguna juga dapat mengganti tema blognya hingga mengutak-atik kode html-nya. Benar-benar menyenangkan!

Website bersifat lebih formal atau serius dari blog. Dimana website mengandung domain yang biasanya letaknya di belakang penamaan website. Di Indonesia sendiri, ada beberapa domain khusus, dimana selalu diakhiri dengan .id yang artinya Indonesia dan domain ini sesuai dengan kategori website itu sendiri, seperti :
1. co.id : untuk perusahaan
2. web.id : untuk website pribadi ataupun perorangan
3. or.id : untuk organisasi / yayasan/ komunitas / perkumpulan
4. sch.id : untuk sekolah dengan tingkatan SD, SMP, dan SMA
5. ac.id : untuk akademi yang setara minimal dengan diploma I
6. net.id : untuk jaringan, penyelenggara jasa telekomunikasi
7. go.id : khusus untuk pemerintah RI, lembaga-lembaga kenegaraan
8. mil.id : khusus untuk pemerintah RI, TNI

Semua domain .id di atas terdapat badan pengelolahnya, yaitu PANDI (Pengelolah Nama Domain Internet Indonesia) yang merupakan organisasi nirlaba yang dibentuk Komunitas Internet Indonesia dan Pemerintah RI pada 29 Desember 2006. Dengan visinya, menjadi pengelolah nama domain internet Indonesia yang terpercaya, aman, stabil, dan handal. 

Dengan pembagian domain .id di atas, akan memudahkan kita untuk mengetahui secara garis besar tentang isi website yang bersangkutan. Misalnya bila kita menemukan nama website sukses-universitas.ac.id menandakan bahwa isi website itu adalah mengenai universitas di Indonesia. Oleh karena itu, dalam pendaftaran domain .id harus terdapat hubungan yang jelas antara nama domain dengan nama organisasi yang didaftarkan. Dan, tentu saja yerdapat persyaratan mengenai kelengkapan surat seperti identitas diri, identitas perusahaan, dan lain-lain sesuai kategorinya. Masa berlaku domain tersebut biasanya 1 hingga 2 tahun dan dapat diperpanjang. 

Dengan kita memiliki domain .id maka kita sudah resmi terdaftar dalam suatu komunitas internet Indonesia dengan PANDI sebagai pengelolahnya. Bangga sebagai warga Indonesia, bangga dengan domain .id serta siap untuk menjelajah dunia maya tanpa adanya batasan ruang dan waktu di tengah-tengah kemodernan jaman ini. 






Photobucket

0 komentar: