Viewers

Aku Dan Kamu Sama-Sama Punya Hak Asasi Manusia

Rabu, Mei 30, 2012


TEMA : HAK ASASI MANUSIA DI SEKITARMU


Sudah menjadi kodrat manusia yang dilahirkan di dunia, bahwasanya manusia memiliki hak dan kewajiban yang merupakan dua sisi yang saling melekat. Manusi memiliki beberapa kewajiban atau merupakan suatu hal yang harus dipertanggungjawabkan. Dalam hal kewajiban, manusia 'dituntut'. Namun selain kewajiban, terdapat hak yang seringkali bagi sebagian orang hak manusia ini seakan dicabut. Hak merupakan suatu hal dari manusia yang menuntut sehingga dari adanya hak itu, manusia mendapatkan, menerima, bahkan merasakan sesuatu dan bersifat lega.

Disebut sebagai hak asasi manusia karena hak ini difokuskan hanya untuk manusia dan bersifat asasi atau mutlak, dalam artian setiap manusia mempunyai hak yang mendasar yang bersifat sama pada tiap-tiap manusianya.

Contoh dari hak asasi manusia adalah hak untuk hidup. Setiap manusia yang berhasil dilahirkan di dunia mempunyai hak yang sama untuk hidup. Sehingga tidak boleh ada orang yang merapas hidupnya. Beragam kasus perampasan hidup seperti pembunuhan dan penyiksaan yang berakibat pada kematian, tentunya melanggar hak asasi manusia.

Aku mempunyai hak untuk hidup, kamu juga mempunyai hak untuk hidup. Kita semua sama-sama berhak untuk hidup. Jika sesorang mengambil hak tersebut, pertanyaan dapat saja dilontarkan, apakah kamu juga mau diambil hak hidupmu?. Pada berbagai kasus, seorang ibu membunuh anaknya dengan alasan himpitan ekonomi. Ibu itu telah merampas hak asasi manusia anaknya. Kemudian, ibu tersebut mengakhiri hidupnya sendiri setelah anaknya meninggal. Apakah ini juga berarti ibu itu telah melepaskan hak asasinya juga?. Menurutku tentu tidak! Karena anaknya masih berkeinginan untuk hidup sehingga hak asasi anak itu telah dirampas ibunya. Lain dengan ibunya, ibu atas inisiatif sendiri mau mengakhiri hidupnya. Walaupun dengan alasan ekonomi ataupun alasan lainnya, ibu telah melepaskan haknya dengan sendirinya, bukan dirampas.

Berbagai hak asasi melekat pada tiap manusia. Perlu dipahami bahwa hak asasi manusia merupakan hak yang sama pada masing-masing manusia, jadi hak asasi manusia itu ada di sekitarmu. Perlakukan orang lain seperti kamu juga memperlakukan dirimu sendiri. Karena kamu dan aku sama-sama mempunyai hak asasi.




Photobucket

0 komentar: