Viewers

Tujuan Wisataku Adalah Sulawesi Selatan

Sabtu, April 07, 2012

Tema : “Pesona Sumatera Selatan”

SULAWESI SELATAN JUGA INDONESIAKU

Ada banyak daftar tempat wisata yang memukau di luar negeri maupun di dalam negeri. Namun, betapa aku pilu ketika mendengar orang-orang saling melengkapi daftar tempat tujuan wisatanya, bukan wisata Indonesia melainkan wisata luar negeri. Ironis sekali memang, ketika seseorang telah berkeliling ke tempat wisata di luar negeri, namun belum menjelajah negeri sendiri, yang terkenal dengan kekayaannya, baik itu kekayaan alam, kekayaan budaya, serta kekayaan kuliner.

Padahal sekaan tak dapat dipungkiri lagi, bahwa Indonesia merupakan suatu negeri yang kaya sehingga justru banyak memikat mancanegara untuk menjelajah Indonesia. Bagaimanakah dengan warna negara Indonesia sendiri?

Terdiri dari jajaran pulau yang tersebar dari Timur ke Barat dengan segala keunikannya yang khas, termasuk di Sulawesi Selatan, sebuah propinsi yang terletak di sebelah selatan Pulau Sulawesi. Ya... Sulsel, Sulawesi Selatan patut untuk diperhitungkan, patut untuk masuk dalam daftar tujuan wisata kita, utamanya kita warga Indonesia, sebagai empunya Sulsel ini.

Suatu momen yang sangat membuat kita bangga mempunyai Sulawesi Selatan sebagai satu kesatuan Indonesia, Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan mencanangkan program Visit South Sulawesi 2012. Program telah dicanangkan, maka sudah selayaknya dilaksanakan dengan baik sehingga target dapat tercapai dengan maksimal. Tentunya dalam Visit south Sulawesi 2012, diharapkan Sulawesi Selatan kian menjadi suatu propinsi yang termasuk dalam daftar tujuan wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Sangat bagus program Pemerintah tersebut dan alangkah lebih baik lagi kita sebagai warganya ikut berpartisipasi mendukungnya

Fokus terhadap Sulawesi Selatan perlu ditingkatkan, ibaratkan sebuah perusahaan yang ingin produknya dikenal, maka perusahaan tersebut harus menciptakan suatu produk yang memiliki daya tarik tersendiri sehingga memikat konsumen untuk membeli produknya dan seiring berjalannya waktu produk itu akan makin dikenal luas. Demikian pula dengan Sulawesi Selatan yang harus mempunyai daya tarik bagi wisatawan.

SELAYANG PANDANG SULAWESI SELATAN

Pulau Sulawesi yang dahulunya bernama Celebes merupakan pulau dengan struktur yang mirip huruf “K” dengan luasnya +/- 227.000 km2. Memiliki keunikan tersendiri karena strukturnya, maka Sulawesi menjadi pulau yang indah dengan garis pantainya yang panjang dngan pemandangan lepas pantai serta dataran tinggi yang begitu memikat hati bagi siapapun yang melihatnya.

Sulawesi Selatan dahulu dikenal sebagai pintu gerbang menuju ke kepulauan Maluku, sebuah pulau yang makmur akan rempah-rempah sehingga Sulawesi Selatan menjadi hilir mudik para pedagang besar. Dengan segala keunikannya, Sulawesi Selatan didiami oleh suku Bugis, Makasar, Mandar, dan Toraja yang memiliki keahlian sebagai pelaut yang handal mengelilingi samudera. Kebudayaan yang mereka miliki juga unik, masing-masing suku memiliki adatnya masing-masing sehingga menarik untuk dilihat maupun dipelajari. Keunikan makin terasa kerika melihat rumah-rumah yang berbentuk melengkung dengan ukiran yang khas dan begitu indah, tarian tradisionalnya, upacara adar, hingga suatu mahakarya yang spekatkuler yaitu tenun yang begitu indah yang dibuat dari sutera dan kapas. Selain itu, letak geografis Sulawesi Selatan menciptakan pemandangan alam tropis yang begitu mempesona dan membuat mata kita seakan hanyut dalam keindahannya. Dengan demikian, Sulawesi Selatan menjadi salah satu obyek wisata Indonesia dengan keunikan tersendiri.

BERAGAM KEUNIKAN, KEBUDAYAAN, DAN KEINDAHAN

Di kota Makasar (dahulu : Ujung Pandang), yang merupakan ibukota Sulawesi Selatan, kita dapat menjumpai wisata alam pantai yang begitu indahnya serta Ford Rotterdam yang merupakan sebuah benteng terkenal peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Tentunya menyisakan kisah sejarah yang menggelitik untuk diketahui, seperti tersimpannya naskah kuno I La Galigo yang mengguncang dunia juga Makasar dengan pementasannya. Luar Biasa!!!

Memang benar, Indonesia kaya akan pantai. Di Sulawesi Selatan, juga mempunyai pantai pasir putih kebanggan yang mempesona. Terletak di kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Banyak wisatawan asing yang begitu menikmati keindahan ini.

Cagar alam Faruhumpenai, cagar alam Kalaena, dan cagar alam Ponda-Ponda merupakan bank plasma nuftah Kayu Hitam, suatu pohon endemik khas di Sulawesi.

Dari Makasar tak ada salahnya kita meluncur ke Pulau Kodigareng Keke, yakni pulau wisata yang tak berpenghuni, sangat cocok bagi wisatawan yang berjiwa petualang dan ingin mencicipi wisata bahari di pulau ini. Luas pulau ini sekitar 1 hektar dengan struktur memanjang, dari Timur Laut ke Barat daya. Wisatawan dapat menuju pulau ini dengan me-carter perahu motor, setelah itu wisatawan akan disuguhkan suatu pulau yang super indah dengan pasir putihnya, tak hanya itu, wisatawan dapat menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut.

Bagi wisatawan penggemar kuliner dapat singgah di Kabupaten Maros untuk mencicipi selai roti yang khas dan memiliki rasa yang membuat ketagihan untuk kembali lagi. Di Maros, terdapat Bantimurung yang merupakan wisata alam menakjubkan, dengan air terjunnya membelah gunung setinggi 15 meter dan aliran yang deras, memberikan sensasi yang luar biasa. Masih di Bantimurung, terdapat gua mimpi yang indah, dengan stalaktit yang mampu memantulkan cahaya, seakan kita ditarik berada di suatu alam mimpi yang begitu indah. Selain mata kita akan terpanah pada air terjun yang membelah gunung, mata kita juga akan berbinar-binar melihat ankea jenis kupu-kupu langka yang hidup di sekitarnya. Jangan lupa mengabadikan momen indah tak terlupakan ini dengan kamera dan kemudian berbagi pengalaman indah ini dengan kerabat.

(kerajaan kupu-kupu di Bantimurung)

Sulawesi Selatan mempunyai Pantai Losari yang begitu menakjubkan. Kita dapat menyaksikan matahari terbit maupun terbenam dengan berdiri di stau titik yang sama. Pantai ini terletak di kota Makasar. Begitu indah suasana di Pantai Losari, tak heran mendapat tujuan wisata yang paling banyak direkomendasikan. Para pengunjung kerap kali menikmati deburan air pantai di hamparan pasir yang bersih dan menikmati aneka makanan atau minuman khas seperti sara’ba, pisang epe, pisang ijo, es palu butung, dan lain sebagainya sambil menunggu momen indah, matahari terbenam.

Tidak jauh dari Makasar, dapat ditemui Pulau Samalona dengan keindahan hamparan pasir putihnya. Di sini banyak wisatawan yang berenang ataupun snorkling unruk menikmati keindahan pantai dan pemandangan laut yang indah.

Tator yang merupakan kepanjangan dari Tana Toraja. Terletak di sebelah utara kota Makasar, merupakan tempat wisata yang menyediakan beragam keunikan budaya yang menarik seperti rumah adat dengan bentuk yang khas, upacara-upacara adat, adu kerbau atau yang terkenal dengan sebutan adu tedong, dan kopi toraja yang terkenal mantap rasanya. Di Tator ini wisatawan akan menemui beragam budaya dan adat setempat. Seperti Ke’te Kesu yang menyajikan pemandangan unik, yaitu kuburan bergantung serta terkenal akan kerajinan ukirannya. Lain halnya dengan Lemo atau rumah arwah, wisatawan dapat menemui bebrapa mayat yang sengaja ditaruh di udara terbuka di antara bebatuan curam. Uniknya, pada masa tertentu, melalui upacara adat setempat, Ma Nene, dilakukan ritual penggantian baju mayat. Di suatu tempat pada ketinggian bukit, terdapat gua yang di dalamnya terdapat peti mati yang diatur sesuai dengan garis silsilah keluarga. Tempat inilah memberikan suatu keunikan tersendiri juga dan hal ini adalah Londa.

Perjalanan dapat dilanjutkan ke Gowa yang tentunya memiliki keunikan tersendiri. Wisata sejarah kiranya cocok untuk sebutan Gowa. Berbagai benteng-benteng masa lalu seperti Benteng Somba Opu yang begitu terkenal serta rumah-rumah raja-raja pada masa lalu.

Penelusuran wisata tentunya tak berhenti sampai sini saja, masih banyak serentetan obyek wisata yang dapat dinikmati yang memiliki keindahan alam maupun keunikan budaya serta aktivitas masyarakat yang mayoritas nelayan tradisional. Aneka makanan khas juga dapat dicicipi dalam wisata kuliner, seperti pisang epe, sop konro, dan banyak lainnya yang membuat lidah bergoyang.

YUK… KE SULAWESI SELATAN


Selain menjaga apa yang telah ada dalam Sulawesi Selatan, diharapkan Sulawesi Selatan juga akan terus mengembangkan segala potensi di daerahnya. Melalui pemugaran atau peremajaan beberapa tempat wisata, menggali potensi pembukaan tempat wisata yang baru, serta selalu berusaha memberikan nilai pada setiap tempat wisatanya dengan menciptakan suasana yang nyaman bagi tiap pengunjungnya. Wisata gunung, wisata bahari, wisata sejarah, dan wisata kuliner telah terkenal, bahwasanya Sulawesi Selatan-lah surga wisata tersebut, hendaknya terus dipertahankan dan dikembangkan.

Suatu bukti nyata Pemerintah Sulawesi Selatan terus menggarap daerahnya. Seperti Gowa Discovery di Gowa, namun pembangunan ini diharapkan Pemerintah masih mempedulikan wilayah sekitar seperti Benteng Somba Opu yang masing-masing menciptakan obyek wisata. Di kota Makasar, sebuah bangunan hiburan berdiri megah, Trans Studio yang baru saja dibuka pada tahun 2011. Menyajikan beragam hiburan yang lengkap, megah, dan berkelas dunia.

Pembangunan tempat wisata baru hendaknya terus menerus dilakukan dengan membuka potensi pada setiap wilayah di Sulawesi Selatan, namun hendaknya juga diperhatikan kelestarian sekitarnya. Jangan sampai pembangunan baru mengorbankan atau merusak sekitarnya, melainkan bangunan baru tersebut dapat menggandeng wisata lama untuk semakin dikenal dan begitu pula sebaliknya.

Langkah terakhir setelah Sulawesi Selatan siap menjadi jujukan wisatawan, maka dilakukannya promosi. Strategi promosi haruslah sesuai dengan targetnya yaitu semakin memperkenalkan Sulawesi Selatan. Oleh karena itu, promosi gencar dilakukan di aneka media yang memperlihatkan keunikan dan ragam budayanya dan dikemas semenarik mungkin sehingga menarik minat para pelihat maupun pendengarnya. Menggandeng beberapa agen travel ataupun lembaga seperti perusahaan dan sekolah untuk mengadakan kerjasama mengunjungi Sulawesi Selatan, yang mana cara ini diharapkan akan menjadi “word of mouth” dan menyebar.
Dengan mencetak beragam brosur atau booklet yang berisi segala macam obyek wisata menarik di Sulawesi Selatan mulai dari wisata bahari, wisata gunung, wisata sejarah, hingga wisata kuliner. Kemudian menaruhnya pada beberapa obyek wisata dan membagikannya secara gratis pada agen travel di luar Sulawesi Selatan, perusahaan, dan sekolah. Dengan demikian, wisatawan akan mengetahui tentang Sulawesi Selatan dan obyek menarik di dalamnya yang akan membangkitkan rasa ingin tahu. Juga menggelar pameran rutin setahun sekali atau dua kali untuk memperkenalkan Sulawesi Selatan.

Tunggu apa lagi, yuk....
Pertahankan Sulsel
Kembangkan Sulsel
Promosikan Sulsel

Sulsel kebanggaan kita semua, tujuan wisataku :D



Photobucket



1 komentar:

"MUHAMMAD IQBAL" at: Selasa, April 17, 2012 1:55:00 PM mengatakan...

mantap!!! kuereeeen lah!!! let's visist sulsel!!!!