Viewers

Piluku Terhadap Realita Musik Anak Indonesia

Kamis, Maret 22, 2012
REALITA MUSIK ANAK INDONESIA


anak-anak Indonesia merupakan aset bangsa, dimana sebuah tanggung jawab besar akan diletakkan di pundak mereka untuk membawa ke arah mana negeri ini. tentunya tidak sekonyong-konyong, kita serahkan semua tanggung jawab itu kepada mereka, anak-anak. Namun perlu kita persiapkan terlebih dahulu sehingga mereka nantinya, anak-anak Indonesia akan tumbuh berkembang menjadi anak yang cerdas, kreatif, dan berjiwa nasionalis terhadap bumi pertiwi ini, sehingga dengan demikian mereka akan merasa bertanggung jawab terhadap kemajuan bangsa ini.



Anak sedini mungkin wajib untuk diberikan bekal yang 'mumpuni' termasuk musik yang telah diamini sebagai salah satu pendorong kreativitas dan kecerdasan anak. Pada kenyataanya, musik anak Indonesia mulai pudar seiring dengan masuknya budaya asing di Indonesia ini. Beragam budaya serta bahasa asing telah 'dijejalkan' pada anak-anak. Para orang tua akan merasa bangga jika anaknya dapat melantunkan nyanyian dalam bahasa asing. Memang hal itu suatu hal yang membanggakan, namun tidakkah akan lebih membanggakan lagi, apabila anak dapat menyanyikan lagu-lagu anak indonesia juga?



Tidak sedikit lagu anak Indonesia yang memiliki makna yang bagus, namun kurang dipopulerkan oleh orang tua, guru, maupun lingkungan, sehingga anak jaman sekarang kurang mengenalnya.



Dengan demikian, untuk lebih mengenalkan kembali lagu anak-anak Indonesia, perlu disebarluaskan kembali melalui beragam kaset, cd, dvd, ataupun masuk ke dalam pelajaran menyanyi di bangku TK dan SD. Lagu tidak hanya terfokus pada lagu asing saja namun juga lagu Indonesia. Penanaman jiwa nasionalisme perlu mendapat perhatian khusus, mengajari anak-anak cinta akan negerinya sendiri, yaitu Indonesia. Pengaruh dan budaya asing yang masuk hanyalah sebagai selingan, namun yang terutama adalah budaya bangsa Indonesia itu sendiri.



Terlebih lagi beragam lagu-lagu anak remaja dan dewasa yang kini juga mulai masuk ke pikiran anak-anak. Hal ini tidak dapat menyalahkan anak itu,seperti misalnya, seorang anak yang duduk di TK telah hafal melantunkan lagu bertema percintaan yang cocok untuk anak remaja maupun dewasa, karena media kita, TV maupun radio kerap memutar lagu-lagu dewasa. Anak kecil itu kemudian akan cepat 'matang' namun kosong karena tidak tau makna sesungguhnya. stop!!! jangan diteruskan lagi.



kita semuanya peduli terhadap anak indonesia, kita semua wajib mendidik anak-anak dengan memberikan bekal yang sesuai dengan umurnya dan mencintai negerinya. karena anak itu adalah aset kita, aset bangsa, yang akan membuat kita semua bangga.





Photobucket

1 komentar:

Kak Zepe Lagu2anak.blogspot.com at: Sabtu, April 21, 2012 10:49:00 AM mengatakan...

hii...
senang sekali ada blog yang peduli pada dunia anak...
salam kenal ya..
saya Zepe..
saya mau bagi2 lagu anak gratis ni...
cukup dengan akun FB...
Caranya...silakan klik NICK saya di atas....
atau klik http://lagu2anak.blogspot.com

Bila berkenan mari bertukar link...
salam cinta lagu2anak....