Nutrisi Bunda, Nutrisi Bayi, Nutrisi Bangsa

Jumat, Maret 09, 2012
Ayo Dukung Bunda : Kesehatan Bunda, Kesehatan Kita

Hamil merupakan suatu karunia terindah dan terbesar bagi kita kaum wanita. Gelar bunda akan segera kita sandang ketika kita sedang hamil anak pertama. Tentunya berita kehamilan pertama merupakan kabar baik dan menggembirakan bagi keluarga, kerabat, dan teman.

Ya... kehamilan pertama yang telah dinanti-nantikan, asalkan bukan kehamilan yang tidak diinginkan, merupakan suatu hal yang membahagiakan, dan cenderung mendapatkan penanganan khusus yang mana kita akan benar-benar memperhatikan segala hal selama kehamilan, baik itu asupan gizi, dokter, dll. Tentunya hal tersebut bukanlah prioritas tulsanku kali ini. Namun bagaimana jika kehemilan itu merupakan suatu hal yang tidak kita inginkan, seperti misalnya hamil di luar nikah yang merupakan aib keluarga, atau kehamilan yang kedua, ketiga, keempat kali, dan seterusnya. Apakah kita masih tetap memperhatikan kehamilan kita? Akankah kita masih memberikan yang terbaik buat calon anak kita? Dan inilah prioritas tulisanku, membahas mengenai kesehatan bunda yang merupakan kesehatan calon anak kita. Inilah yang menjadi bahasanku, supaya selama kehamilan tidak peduli bagaimana asal-usul kehamilan dan tujuan kehamilan itu, bunda tetap memperhatikannya dngan penuh kasih sayang.

Satu hal yang perlu kita pahami terlebih dahulu, bahwa kehamilan merupakan hal terindah, karunia terbesar, karena Tuhan telah mempercayakan anak kepada kita. coba bayangkan, di luar sana, cukup banyak wanita yang tidak bisa atau tidak boleh hamil karena suatu alasan tertentu dan betapa beruntungnya kita apabila kita dapat hamil. Penuh ungkapan syukur kepada-Nya serta selalu menjaga masa-masa kehamilan hingga kelahirannya kelak.

Curahan kasih sayang yang tulus merupakan 'makanan' yang sangat diperlukan oleh janin selama di kandungan. Suatu proses kemenangan bagi si janin karena telah terbentuk dan berhasil melalui perjalanan yang panjang, sperma yang berjuta-juta berhasil menembus sel telur, dan itu prosesnya begitu indah. Sehingga kehamilan dapat dikatakan kemenangan bagi si janin! Walaupun kita sangat mengharapkan kedatangan janin itu ataupun kebalikannya, kita sama sekali tidak mengharapkannya, janin itu telah menang! Janin itu kini sudah hidup, memiliki nyawa, dan memerlukan kasih sayang dari bundanya supaya janin merasakan tempat yang nyaman di rahim. Janin merupakan sebuah makhluk kecil yang terus berkembang, yang polos dan suci, tidak tercemar oleh apapun.

Dengan rasa kasih sayang, kita akan memberikan dan memperhatikan kesehatannya, karena kesehatan janin merupakan cerminan dari kesehatan bunda yang tentunya selama hamil, perlunya mengkonsumsi asupan gizi yang baik dan berkualitas.
Perlu mendapat pemahaman bahwa apa yang dimakan bunda, adalah apa yang akan didapat janin. Tentunya bunda yang mengkonsumsi gizi yang cukup akan memperoleh hasil, bayi yang lahir dengan sehat dan kuat, karena gizi awal itu merupakan pembentuk tubuh bayi.

Kapan waktu yang tepat untuk bunda dalam mempersiapkan bayi yang sehat? Konsumsi gizi sudah dimulai sejak sebelum kehamilan. Rencana kehamilan perlu kita atur sebaik mungkin, yang kemudian mengkonsumsi gizi yang baik dengan memakanan makanan bergizi, minuman bergizi, sayur dan buah-buahan yang alami. Asupan gizi yang cukup sejak sebelum kehamilan akan membentuk kehamilan yang sehat pula.

Setelah itu, setelah positif dinyatakan hamil, asupan gizi terus dilakukan. Penuhi kebutuhan ADIK, yang dimulai dari :
A = Asam folat
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah vitamin B yaitu B9. Merupakan suatu keharusan bagi bunda yang sedang hamil utamanya oada trisemester pertama. Karena sangat bermanfaat dalam pembentukan sel syaraf janin. Tidak main-main, bunda hamil yang tidak memenuhi asupan asam folat sebesar 600 ug/hari akan menimbulkan resiko terkenanya anemia pada bunda, keguguran, kecacatan janin, hingga janin lahir secara prematur. Beragam sumber asam folat dapat kita cukupi dari bayam, brokoli, bit, asparagus, kacang merah, dan hati.

D = Dua asam lemak
Asupan yang satu ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan otak janin dan sangat mudah didapatkan melalui kuning telur, susu, dan ikan laut.

Iron = zat besi
Merupakan zat pengangkut oksigen dalam darah, hal ini dibutuhkan dalam rangka mencegah anemia, kelahiran prematur, serta pembentukan plasenta. Daging sapi, hati sapi, udang, kerang, kacang merah, bayam, gandum, dan bayam mengandung zat besi yang dapat dikonsumsi bunda.

K = kalsium
Penting sekali untuk pembentukan gigi dan tulang bayi. Jangan sampai asupan kalsium ini kurang sehingga janin akan berusaha mengambil zat kalsium dari bunda, sehingga nantinya bunda akan mengalami keropos tulang atau ostereoporosis. Sumber kalsium dapat ditemukan pada susu tentunya, bayam, tahu, ikan teri.

Asupan gizi juga terus berlanjut hingga kelahirannya. Bayi perlu mendapatkan ASI intensif dan bunda perlu mengkonsumsi zat begizi untuk memulihkan atau mengembalikan zat-zat yang diambil janin sewaktu kehamilannya.

Dengan demikian, bila bunda sehat akan menghasilkan bayi yang sehat dan cerdas serta berkualitas. Itulah yang diharapkan bunda, keluarga, juga pemerintah Indinesia. Berusaha mencetak warga Indonesia yang berkualitas dengan memperhatikan asupan gizi sebelum kehamilan, masa hamil, hingga setelah melahirkan.

Tentunya hal ini bukanlah menjadi tanggung jawab penuh bagi bunda, melainkan dukungan dari suami, keluarga, teman, bahkan pemerintah, untuk selalu mendukung bunda, memberikan suasana yang nyaman, membantu memenuhi asupan gizi yang diperlukan, hingga informasi seputar kehamilan.

Ayo dukung bunda, karena kesehatan bunda merupakan kesehatan kita.
Ayo dukung bunda, menghasilkan bayi-bayi yang berkualitas dan sehat.



Photobucket

0 komentar: