Era Media Sosial di Tahun 2012

Sabtu, Maret 10, 2012
Trend Media Sosial 2012 di Indonesia


Memang sudah tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa Media Sosial utamanya di tahun 2012 ini melejit bahkan menjadi trend tersendiri. Pengguna internet makin meluas termasuk di pelosok desa, semuanya berbondong-bondong mengikuti trend ber-internet selain sebagai tuntutan jaman, mereka juga merasakan beragam manfaatnya. Dunia serasa di genggaman tangan, apapun yang aku mau tahu, selalu ada dalam internet. Alasan itulah, maka pria, wanita, anak-anak, tua, muda, semuanya rame berselancar di dunia maya.

Serasa makan nasi pecel yang tidak ada bumbu pecelnya, kurang lengkap apabila kita telah memasuki dunia maya, namun kita tidak akrab dengan media sosial, istilah "ga gaul loe" kerap terdengar di telinga kita ketika seorang kawan mengaku tidak mempunyai sejumlah account di media sosialnya. "haree geneee bro! masak ga punya FB, twitter kek, multiply kek, skype kek, apapun, masak ga punya satu pun, diiieeenkkk!!! ke laut aja kaleeee"

Di tahun 2012, dapat dikatakan sebagai era media sosial, begitu ramai dan hangat diperbincangkan dan era media sosial ini terus mengalir ke semua arah, baik itu untuk kesenangan semata, media komunikasi dan sosialisasi hingga masuk ke urusan bisnis. Hal ini terus diramalkan bahwa media sosial akan terus booming dan memasuki setiap celah yang mungkin, banyak perkembangan di sana-sini yang semakin memudahkan pengguna, serta makin banyak peng-sinergi-an, slaing terintegrasi atau terhubung antar gadget yang makin canggih saja, dengan sejumlah account.

Coba bisa dibayangkan, di Indonesia, antusias masyarakat begitu tinggi terhadap media sosial. Indonesia tampil dalam posisi kedua sebagai pengguna media sosial jenis facebook terbanyak di dunia. Lalu bagaimanakah dengan media sosial twitter, si burung berkicau? Fantastis! Indonesia menempati posisi ketiga di dunia. Dan diyakini bersama, bahwa jumlah pengguna akan semakin banyak yang tersebar di berbagai media sosial. Hal ini mengingat telah bermunculan gadget pendukung, seperti HP, tablet, PC, laptop yang semakin terjangkau harganya.

Tidak itu saja, di tahun 2012 ini, pengguna akan semakin dimanjakan dengan pengembangan fitur yang saling terintegrasi, 1 account dapat memasuki media lainnya, sehingga pengguna dapat login menggunakan account yang dimilikinya. Walaupun demikian, pengguna juga pastinya akan memiliki banyak account id beberapa media sosial, bahkan pengguna akan memiliki account di masing-masing media sosial itu untuk merasakan pengalaman bersosialisasi dalam media tersebut, utamanya layanan ini disediakan secara gratis, tidak berbayar, yang dpaat mengubungkan satu dengan yang lainnya tanpa terbatas jarak dan waktu.

Tahun 2012 juga akan makin banyak media sosial baik itu internasional maupun lokal ciptaan anak bangsa akan terus menggeliat karena potensi atau ceruk media sosial separti madu. Aapaun aktivitas pengguna, mulai hanya sekedar mencari teman lama/baru, menggaet fans lebih banyak, berpromosi, hingga membuat ketenaran dapat dilakukan.

Mari kita mengingat-ingat apa saja yang kita lakukan selama ini:
-. menjual apapun atau memberikan informasi apapun di Kaskus, akan dapat dengan cepat direspons. dagangan cepat laku laris manis
-. membikin tarian lipsing atau menyanyi dengan ciri khas tertentu, akan mendatangkan ketenaran bahkan jabatan 'artis' akan segera disandangnya melalui You Tube
-. saling berkenalan dengan teman baru bahkan dari mancanegara melalui Facebook akan mendatangkan jodoh bagi kita
-. padat, berisi, berkicau pada Twitter untuk saling berbagi akan menciptakan trending topics tersendiri
-. menjaring circle baru dan merasakan bersosialisasi ala ciptaan google melalui google+
-. menulis berbagai kisah, sharing pengalaman, dalam berbagai situs blog, seperti multiply, blogger, wordpress, dll
-. artis menjaring fans, perusahaan menggaet buyers, melalui berbagai program seperti menyapa, mengadakan kuis/lomba melalui berbagai media sosial

Ibaratkan donat sebagai makanan empuk, tentunya perusahaan si empunya produk dan merek, tidak hanya berpangku tangan melihat, megerti, dan mendengar bahwa media sosial begitu nge-tren di tanah air ini. Lalu bagaimanakah langkah selanjutnya, jika kita telah memilih media sosial merupakan sarana strategi kita yang tepat?

Nah, Arwuda Indonesia (Social Media Agency) merupakan sebuah perusahaan yang fokus dan berkonsenterasi pada bidang media sosial, sehingga Facebook, Twitter, YouTube, dan Blog sudah menjadi andalannya. Arwuda telah terpercaya sebagai perusaahn yang benar-benar mengerti akan seluk beluk media sosial di Indonesia, sehingga sangat cocok bagi perusaahaan ataupun sebuah merek yang akan berkecimpung dalam media sosial sebagai strateginya.


Arwuda Indonesia mempunyai kunci sukses yaitu menerapkan proses listening, understanding, dan engaging dalam berkecimpung di media sosial. Arwuda yang bertagline Empower and Activate Your Social Media, berasal dari bahasa Sansekerta dengan arti seratus juta, meyakini bersama Arwuda, perusaahaan ataupun merek anda akan mempunyai follower, fans, dan penggemar yang menggurita.

Layanan yang memuaskan dan terperinci selalu menyertai setiap langkah kita sebagai customernya.

1. Pada awalnya, kita akan masuk pada proses 'strategic planning' yang merupakan proses kunci dan mendasar. Dalam proses awal ini, akan ditentukan serta disepakati bersama mengenai tujuan, segmentasi, perilaku, komunikasi, faktor kunci perusahaan, serta berbagai aspek lainnya yang dimiliki perusahaan itu.

2. Kemudian kita memasuki proses 'execution and maintenance'. Dalam pelaksanaan suatu strategi perusahaan di media sosial, tim dari arwuda akan membatu dalam pengoptimalan serat pemanfaatan secara maksimal dalam berbagai media sosial. Tidak hanya berhenti sampai di situ saja, namun akan terus dipantau, dipertahankan, serta selalu meningkatkan kualitas komunikasi secara konsisten.

3. Proses 'monitoring dan reporting' juga mempunyai peranan penting. Arwuda akan terus memperhatikan dan memantaunya, apapun yang terjadi dalam media sosial tersebut secara mendalam dan kontinu. Dalam proses ini, tidak hanya pengamatan terhadap perusahaan kita sendiri saja, namun terhadap perusahaan pesaing serta geliatnya di kancah media sosial.

Sehingga dalam 3 proses tersebut, perusahaan kita akan terus melaju dan memimpin di pasaran bersama tim Arwuda yang profesional, yang memang bergelut pada bidang media sosial. Arwuda Indonesia, tiada duanya, mengerti seluk beluk media sosial.


Photobucket

0 komentar: