Viewers

Batik Suatu Kebanggan-Ku

Jumat, Maret 09, 2012
BATIK INDONESIA SEBAGAI WARISAN BUDAYA

Betapa menyenangkan sekaligus diiputi rasa bangga, aku yang lahir, besar, dan menetap di negeri kaya Indonesia. Ungkapan ini bukanlah sesumbar ataupun ungkapan palsu. Ungkapan ini merupakan tulus dari dalam lubuk hatiku.

Indonesia merupakan negeri yang unik dengan keanekaragaman, baik itu bahasa daerah, suku, hasil alam, maupun budaya. Semua perbedaan itu menjadi suatu keunikan dan kekhasan tersendiri bagi Indonesia. Dengan semboyannya BHINNEKA TUNGGAL IKA, berbeda-beda namun tetap satu jua, menggambarkan Indonesia yang memang beraneka ragam ini, semuanya merupakan satu kesatuan besar, yaitu INDONESIA.

Dari beragam perbedaan itu, satu hal yang paling unik adalah BATIK INDONESIA yang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia. Mengapa disebut sebagai warisan? Ya! karena batik ini sudah ada sejak jaman nenek moyang kita, yang mana dahulu batik dilukis pada daun lontar dengan corak yang lebih condong pada tanaman ataupun binatang. Perjalanan batik terus mengalir hingga kini dan seiring dengan perkembangannya, batik mempunyai beragam corak, tidak hanya corak binatang dan tanaman saja, melainkan corak abstrak, relief candi, kaligrafi, dan lain sebagainya. Dan itu semua suatu bukti bahwa batik terus dikembangkan oleh orang-orang Indonesia yang mempunyai kreativitas tinggi.

Batik kala itu berkembang menjadi batik tulis yang dilukis pada selembar kain putih bersih dengan menggunakan peralatan dan perlengkapan yang merupakan asli kekayaan alam Indonesia. Bahan-bahannya berasal dari aneka pepohonan dengan karakteristik warna yang indah, soda abu, serta tanah lumpur. Semuanya dipadukan menjadi selembar kain batik tulis yang indah yang melalui proses ketelatenan dan kreativitas. Sungguh mahakarya yang sangat menakjubkan, karena setiap lembar kain batik, menghasilkan corak yang berbeda-beda.

Batik yang bermula dari kerajaan Majapahit yang berkembang pesat di daerah Keraton, Jawa Tengah dimana batik merupakan suatu kekhususan yang hanya dipakai oleh orang kalangan Keraton. Lambat laun, batik mengalami perkembangan, hingga akhirnya batik dipakai oleh orang-orang di luar Keraton, hingga ke seluruh pelosok negeri, tidak memandang status sosial maupun gender.

Batik kini makin meluas dengan daerah-daerah penghasil batik Indonesia, seperti Batik Solo, Yogyakarta, Cirebon, Madura, Bali, Banyumas, Pekalongan, Tasik, Banten, bahkan batik juga ada di Aceh, Palembang, Ambon, dan daerah lainnya. Terlebih dengan adanya suatu legalitas dari Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu, yang mana menetapkan BATIK sebagai warisan budaya milik bangsa Indonesia. Perasaan merinding, haru, dan bangga bercampur-aduk saat itu, kelegaan bisa dirasakan semua warga Indonesia dan setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari batik.

Jenis-jenis batik Indonesia yang kini beredar dipasaran ada tiga, yaitu:
1. Batik tulis
Merupakan suatu mahakarya yang unik karena membutuhkan ketelatenan tingkat tinggi. Suatu metode yang dengan cara kain ditulis dengan corak batik yang menggunakan tangan. Hal ini membutuhkan proses yang sangat lama, biasanya 2-3 bulan. Metode ini merupakan metode yang pertama kali digunakan sejak lahirnya batik pada jaman dahulu.

2. Batik lukis
Merupakan suatu metode yang langsung melukis pada selembar kain putih. Hal ini juga membutuhkan kesabaran dalam melukis berbagai corak dan menghasilkan hasil berbeda dalam tiap lembar kainnya.

3. Batik cap
Merupakan perkembangan teknik pembuatan batik. Prosesnya sangat cepat, biasanya hanya membutuhkan waktu 2-3 hari saja. Dengan memakai cap yang terbuat dari tembaga dengan memiliki corak-corak tertentu, kemudian kain putih dicap menggunakan cetakan tembaga tersebut.

4. Batik print
Perkembangan teknologi ikut berkecimpung dalam pembuatan batik. Corak batik dikreasikan melalui program komputer menjadi suatu sketsa, kemudian dicetak / diprint pada selembar kain. Prosesnya tentu saja makin singkat.

Dari semua teknik pembuatan batik yang ada, proses dapat kita pangkas menjadi lebih singkat. Namun satu hal, yaitu ide orisinalitas kreativitas yang masing-masing pembuatnya memiliki karakteristik unik tersendiri yang dituangkan melalui aneka corak batik. Dan itulah yang kita sebuat bahwa batik merupakan suatu hal yang unik dan khas, serta batik menjadi warisan budaya karena batik telah ada sejak dahulu kala dan terus berkembang hingga kini.

Lihat saja, masyarakat Indonesia kini makin bangga dengan memakai batik Indonesia yang dipakai baik pria maupun wanita, dari anak-anak, remaja, orang dewasa, maupun orang tua sekalipun. Batik kian dikembangkan dengan berbagai model busana, mulai dari kemeja, rok, kaos, terusan, hingga ke berbagai aksesoris seperti sandal, sepatu, tas, dompet, dll. Bahkan batik tidak hanya menjadi konsumsi dalam negeri saja, wisatawan mancanegara juga tertarik dengan batik. Beragam oleh-oleh selalu dibelinya dan itu semua bercorak batik. Batik juga menjadi suatu seragam wajib di berbagai perkantoran maupun sekolah-sekolah.

Betapa tidak, batik Indonesia telah mendarah daging dan suatu simbol khas serta unik bagi negeri Indonesia. Hal inilah yang membuatku semakin terkagum dan bangga akan Indonesia. Aku akan terus menjaganya dan akan meneruskannya kelak ke generasi penerus selanjutnya. Aku akan terus meluaskan dan mengembangkan batik. Aku, kamu, dan kita semua adalah duta batik Indonesia.

Batik Indonesia kini juga makin dikembangkan cara pemasarannya, dengan merangkul jaringan online, situs Batik Indonesia menyediakan beragam pernak-pernik bercorak Batik dimana kita dapat melihat-lihatnya dan jika tertarik kita dapat membelinya secara online. Janganlah ragu, karena situs Batik Indonesia merupakan situs batik yang handal dan terpercaya... Silakan berkunjung ^^

Disertakan pada lomba Blog Entry bertema Batik Indonesia, kerja sama Blogfam dan www.BatikIndonesia.com


Photobucket

0 komentar: