Viewers

Malu dengan Musik Bajakan

Kamis, November 03, 2011
Kata banyak orang, kita ini sekarang tengah berada di masa transisi menuju suatu masa yang makin modern dan praktis. Konotasi kata modern adalah semuanya serba canggih, mudah, murah, dan cepat. Namun suatu kemodernan itu haruslah tetap dibarengi dengan dasar-dasar aturan yang berlaku khususnya di negeri kita ini, Indonesia.

Lihat saja, media komunikasi kini makin beragam. Sudah tidak jamannya lagi penggunaan handphone yang se-"gajah" dengan kualitas yang buruk seperti jaman bauheula. Bahkan akhir-akhir ini, smartphone sebutan untuk ponsel yang "pintar" makin marak di kalangan masyarakat luas, tentunya dengan berbagai sistem operasi, seperti symbian, blackberry, iOS, dan yang makin merajalela adalah android. Smartphone yang ditawarkan tidak lagi hanya sebagai komunikasi telepon saja, melainkan telah dilengkapi dengan segala kebutuhan internet. Hal ini membuat dunia yang begitu luas serasa berada di genggaman kita yang kecil melalui smartphone tersebut.

Nah dari adanya fitur internet dalam smartphone plus didukung dengan para operator yang berlomba-lomba memberikan kemudahan dalam koneksi internetnya. Makin lama harga untuk koneksi internet makin murah dan makin mudah dalam pengaplikasiannya, baik itu secara CDMA, GSM, maupun fixed line.

Dari makin canggihnya ponsel ke arah smartphone dengan fitur internet, koneksi internet yang main dipermudah oleh operator, membuat kita semakin mudah pula untuk masuk ke dunia maya, dunia internet yang menawarkan beragam informasi dengan akses yang begitu mudahnya itu.

situs-situs mulai dari berita, sosial media, perbankan, hingga suatu situs yang menyediakan wadah untuk saling berbagi pakai dapat kita akses hanya dengan register saja, baik itu berbayar dan banyak pula yang ditawarkan secara gratis. Kelihatannya situs saling berbagi pakai (sharing) menarik perhatian saya. Kita dapat berbagi semua jenis file, seperti foto, dokumen, lagu, program komputer, bahkan informasi. Benar-benar menggiurkan dan menguntungkan ya...???

Yuk... kita teliti lebih lanjut lagi. Saya juga langsung sumringah ketika saya mengakses suatu situs sharing tersebut. Wow! apa yang saya mau, saya dapatkan dengan cepat karena ada fitur search dan lagi-lagi gratis! Memang hal itu benar-benar menguntungkan dilihat dari sisi saya. Namun pernahkah terpikir oleh kita bagaimana rasanya jika kita menjadi pencetus atau penemu file tersebut? Sedangkan dapat dibajak dengan mudahnya di internet, dipakai oleh khalayak ramai, dan lagi-lkagi secara gratis. Seakan-akan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) sudah tidak digubris lagi. Padahal menciptakan sesuatu itu dibutuhkan pengorbanan yang besar, dimana melibatkan waktu, tenaga, dan otak! Tentunya mereka sebagai pencetus, karyanya ingin dihargai.

Contoh yang paling mudah dilihat adalah pembajakan software komputer dan dunia musik. Dapat kita dapatkan dengan mudah, murah, bahkan gratis melalui internet ataupun melalui CD bajakan. Awalnya saya sih senang-sennag saja menikmatinya, namun akhirnya saya tersadar dan miris melihat pembajakan yang merajalela ini.

Suatu langkah inovatif yang diusung oleh sebuah situs yaitu MelOn.co.id yang merupakan salah satu portal yang concern dan peduli akan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) terutama dibidang musik. Penasaran ya dengan satu situs ini? Namanya yang unik, lalu apa sih keunggulan dari situs ini? Awalnya saya juga merasa penasaran, kemudian berusaha menyelami situsnya, dan beginilah gambarannya:

Dalam situs www.melon.co.id yang memiliki tagline Unlimited Music Download, mata kita akan disegarkan dengan dominasi warna hijau seperti melon hehehe... Kita dapat mendengarkan bahkan mendownloadnya koleksi lagu-lagu yang jumlahnya bejibun baik lagu-lagu Indonesia maupun lagu-lagu asing, komplit, dan tentunya versi original dong (kan tadi di atas kita uda sepakat untuk menghindari bajakan). Namun karena lagu-lagu yang ditawarkan adalah versi original dengan kualitasnya yang yahud, maka situs ini berbayar. Sehingga situs ini sangat anti dengan istilah pembajakan dan mendukung gerakan untuk menghargai Hak atas Kekayaan Intelektual orang lain.

Dalam tampilan halaman depan situs, akan langsung dijumpai lagu-lagu album terbaru dari Indonesia, Barat, Korea, dan Chinese serta top 10 daily dan top 10 weekly, lagu-lagu yang berada di 10 peringkat atas. Juga di sebelah kanan halaman terdapat sebuah fitur "quick" yang memudahkan akses kita. Dis amping itu, dalam situs melon, akan kita jumpai katalog musik, tidak tanggung-tanggung, katalognya bejibun, so dont worry, lagu apapun tentunya tersedia dalam situs ini.

Free Trial merupakan slaah satu fitur keren dalam situs melon. Dari namanya kita tentunya sudah mengetahui maksudnya. Yup! benar! kita dapat mencoba secara gratis layanan melon dengan hanya mendaftar di melon. Bagi pengguna Telkomsel dan Flexi, dapat menikmati Free Trial ini selama 2 minggu. Dan bagi di luar itu dapat mendaftar melalui email dan mendapatkan free trial selama 1 minggu. Lumayan booo....

Dari tagline-nya Unlimited Music Download, kita dapat menikmati fitur download sepuas-puasnya tanpa adanya batasan. Keren!!!

Satu lagi, situs melon dilengkapi dengan melon player, sehingga kita bisa download dan streaming beberapa lagu secara bersamaan. Selain itu, setelah proses download selesai, kita akan dipermudah untuk transfer lagu dari komputer ke aneka media lainnya, seperti HP, USB, dll.

Nah bersama melon, kita akan aman. HAKI kita akan dilindungi. Gerakan pemerintah untuk mengenyahkan pembajakan dapat didukung oleh melon. Saya merasa ikut senang dengan hadirnya situs melon yang penuh dengan inovatif dan kreativitas. Sehingga kita semua baik pencetus maupun pemakai khususnya dalam dunia musik dapat saling menguntungkan dan menghargai.

Satu lagi, situs yang peduli akan HAKI adalah sarikata.com, yang merupakan situs berisi kumpulan cerita dan artikel berbahasa Indonesia.

Terima kasih atas ide-ide kreatif dari situs melon dan sarikata. Semoga pembajakan dapat dihentikan. Dan mari kita berkarya dengan tenang karena HAKI kita dihargai.... ayoooo Indonesia ^^



Photobucket

0 komentar: