Banyak Makna dalam Perjalanan Panjang Pocari sweat

Sabtu, Mei 07, 2011
Cerdas! Hebat! Two thumbs up! untuk Pocari Sewat, minuman isotonik yang digemari baik di Jepang kota asalnya maupun di Indonesia. Tak terbayang sebelumnya, Pocari menerjemahkan sejarahnya ke dalam suatu video yang menarik, dan disebarluaskan melalui fasilitas youtube. Dengan demikian, masyarakat dunia akan teredukasi dan menjadi lebih mengerti tentang asa mula minuman Pocari serta keunggulannya bagi tubuh kita.

Video tentang History of Pocari ini berdurasi sekitar 30 menit, menjelaskan kronologi awal dari perusahaan Pocari yang mana berasal dari sebuah parbrik Farmasi, yaitu Pabrik Otsuka Pharmaceutical, yang berada di Tokushima, Jepang.

Dimulai dari Masahito Otsuka yang dikenal sebagai pemimpin yang karismatik dan berwibawa serta membawa perusahaan semakin maju. Saat itu, Akihiko Otsuka yang merupakan cucu dari otsuka grup, menjabat sebagai kepala pabrik namun beliau mempunyai suatu tekad untuk mengembangkan suatu produk sehingga menjadi pilar perusahaan, DENGAN tangannya sendiri. Suatu tekad yang mulia dan optimis akan dicapainya.

----

Rokuro Harima seorang ahli rasa di pabrik Otsuka menceritakan pengalamannya di Meksiko kepada Masahito. Di Meksiko, Harima sempat diare hebat dan diopname di sebuah rumah sakit kecil yang tidak memiliki fasilitas infus, kemudian Harima disuguhi obat dan meminumnya dengan air soda sebagai penggantinya untuk menganggulangi dehidrasinya, dikarenakan air putih di Meksiko kala itu kurang baik kualitasnya.

Dengan demikian, terlintas di benak Harima akan cairan infus diubah kedalam minuman, untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Hal ini dipertimbangkan karena cairan infus merupakan suatu produk Pabrik Otsuka yang menguasai pasar domestik. Namun....
ide Harima ditolak Masahito, dengan alasan BELUM WAKTUNYA

3 tahun kemudian...

Akihiko Otsuka (38 tahun) menjadi presiden direktur yang ke-3. Akhiko berencana mengembangkan ide dari Harima yang terpendam selama 3 tahun. Harima mengutus stafnya seorang peneliti muda bernama Akhisata Takaichi untuk menciptakan minuman kesehatan serta harus terasa enak di tenggorokan. Pertimbangannya, saat itu tren jogging meningkat yang membuktikan orang peduli akan kesehatan.

Takaichi benar-benar serius mendalami dan membuat proyek besar ini. Beliau meneliti KERINGAT, yang ternyata terdiri atas 2 kandungan, yaitu Natrium yang menyebabkan rasa asin pada keringat serta Kalium yang menyebabkan rasa sedikit pahit dalam keringat. Takaichi juga menyelidiki perbedaan keringat pada waktu sauna dan ketika jalan-jalan / jogging. Penyelidikan itu memberikan hasil bahwa kadar garam (Natrium) sehari-hari lebih rendah dibandingkan dengan kadar garam waktu sauna.

Setelah itu, Takaichi memulai menciptakan minuman itu. Aneka tester disajikan dan memebrikan kesan yang tidak enak, terasa pahit. Terlintas ide ditambah zat pemanis alami untuk mengurangi rasa pahit namun tetap kesannya kurang tepat, terlalu manis. Minuman kesehatan yang diciptakan haruslah mempunyai kadar gula di bawah 10%.

Percobaan ini terus berlanjut tanpa henti, hingga 3 tahun berlalu dan lebih dari 1.000 jenis tester telah diciptakan, namun masih saja terasa kurang tepat.

Hingga suatu ketika, seorang staf lain menemui Akihiko untuk pengujian serbuk instan dan hasilnya juga kurang sempurna. Idelah Akihiko untuk mencampur keduanya, serbuk nstan rasa jeruk tersebut dengan hasil minuman "keringat" ciptaan Takaichi. Spektakuler, rasanya enak.

Takaichi bergegas membeli aneka jenis jeruk untuk mendapatkan campuran yang benar-benar sempurna dan ditemukan satu jenis jeruk yang menjadi rahasia perusahaan hingga kini.

Walaupun minuman ini telah terasa enak, namun ettap menimbulkan tanggapan yang negatid dari para direktur senior, karena rasanya yang tidak biasa seperti minuman pada umumnya. Tetapi Akihiko tetap pada keputusannya : "saya akna menjual minuman ini"

Dimulai dipasarkan dengan nama Pocari Sweat dengan artian Pocari : kesan menyegarkan dan sweat : keringat, pada April 1980. Masyarakat terasa asing dan tidak laku. Kemudian akihiko mengambil keputusan untuk membagikan sample secara gratis di seluru penjuru Jepang dalam jumlah tak terbatas selama setahun penuh. Dengan gencar tim marketing membagikannya gratis pada orang dan tenmpat orang berkeringat serta memberikan edukasi akan tubuh, air, keringat, dan konsep Pocari secara detil. Pocari Sweat mulai dikenal, dan memasuki musim panas tahun 1980 karena musim panas membuat orang lebih mudah berkeringat, penjualan meningkat pesat, 3x lipat dan mencapai 2,6 Triliun.

Fantastis, suatu perjalanan panjang, dengan disertai tekad kuat dari sang bos dan dukungan penuh tim kreatif, membuat Pocari Sweat kini menjadi minuman favorit pengganti ion tubuh. Minuman kesehatan yang begitu menyegarkan dan terasa enak.

Dengan video Pocari Sweat, kini saya menjadi tahu tentang sejarah perjalanan Pocari sweat sehingga saya tidak hanya menyukai minumannya saja namun saya menjadi lebih tahu akan jerih payah dan kerja keras orang-orang di balik layar yang mengantarkan Pocari sweat menjadi sukses. Suatu tim yang solid, optimis, dan tidak mudah menyerah.

Benar-benar jalan cerita yang cukup singkat dengan durasinya selama 30 menit namun memberikan kesan yang menyeluruh dan bisa memahaminya. Semuanya terceritakan dengan jelas, tidak bertele-tele, dan tepat pada maknanya. Bagus!. Buktinya? Saya sebagai bukti nyatanya, saya kini telah mengetahui, paham, dan menyarikan ulang akan sejari Pocari sweat, benar kan? Saya juga menjadi lebih paham bahwa Pocari Sweat merupakan produk minuman kesehatan, dengan kadar gula rendah, sangat menyegarkan terutama dikonsumsi waktu kita berkeringat, serta yang terpenting, Pocari Sweat mempunyai fungsi menggantikan cairan tubuh kita yang hilang akibat berkeringat. Selain itu saya mendapatkan suatu pelajaran akan kegigihan dan suatu tekad yang kuat dalam menggapai impian.

Itulah, memang kita perlu mengetahui ibaratnya dari telur dahulu baru kemudian jadi ayam jago. Demikian pula dengan Pocari sweat, kita tidak hanya menggemari minumannya saja yang kini telah tersebar luas dan terkenal, namun perlu memahami bagaimana sejarahnya dan Pocari telah menyediakannya untuk kita.

Pada penasaran dengan yang saya utarakan di atas? Langsung aja meluncur di sini. Tayangan yang bermakna!!!

Berikut link-link yang bikin temens penasaran, langsung aja klik-klik :D

History of Pocari Sweat (Part 1): http://youtu.be/25wmADMQUg8
History of Pocari Sweat (Part 2): http://youtu.be/i9zKQRnx0v0
History of Pocari Sweat (Part 3): http://youtu.be/4G7Co08VX18
History of Pocari Sweat (Part 4): http://youtu.be/LwC94YUlLoE
History of Pocari Sweat (Part 5): http://youtu.be/g7TaKqt90Lw

atau

History of Pocari Sweat (Full Video): http://youtu.be/Ye5iHnmz5XU

Photobucket

0 komentar: