Kartini Digital untuk Indonesia Berprestasi

Selasa, April 05, 2011
Tema : Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pemberdayaan Wanita





Dalam bulan keempat di setiap tahunnya, yaitu bulan April, selalu ada sesuatu yang spesial. Yap, diidentikkan dengan bulannya wanita. Memang bertepatan di tanggal 21 April, diperingati sebagai hari Kartini. Sosok pahlawan wanita yang memperjuangkan derajat wanita sehingga wanita akan mempunyai derajat yang sama dengan pria dan tidak dipandang sebelah mata lagi. Utamanya dalam rangka membangun Indonesia menjadi negara yang lebih besar lagi, diperlukan peran serta dari seluruh masyarakatnya, tidak hanya sebatas pada pria saja.

Nah saat saya menulis ini, memasuki bulan April, bulan wanita berkumandang. Lalu sebagai wanita yang mana saya wakili, apa yang sekiranya dapat membantu dan mendukung saya sehingga saya sebagai wanita lebih dimampukan dan diberdayakan yang akhirnya dapat memberikan sumbangsih positif bagi bangsa ini?

Saya sadar jaman sekarang berbeda dengan jaman Kartini dulu. Semangat dan pantang menyerah Kartini perlu diwariskan terus dan dijaga, namun lebih disesuaikan dengan era modern sekarang ini. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi wajib saya ikuti sebagai perkembangannya. Komputer dan internet merupakan jendela informasi yang mengedepankan peran dari teknologi informasi dan komunikasi. Era digital yang tidak terbatas pada ruang dan waktu, membnuat saya sebagai wanita dapat terus berkarya semaksimal mungkin tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.

Saya merasa banyak dibantu oleh adanya teknologi informasi dan komunikasi yang makin modern dan serba digital. Satu manfaat besar yang saya rasakan, pekerjaan makin mudah dan cepat walaupun makin kompleks. Sebagai contoh, dengan adanya kemampuan saya dalam mengoperasikan komputer dan internet sebagai satu paketnya, saya dapat mengarsipkan dokumen kerja saya menjadi lebih rapi dan cepat untuk mencari dan membukanya kembali kemudian melanjutkan pekerjaan saya pada dokumen tersebut. Selain itu, memungkinkan saya juga untuk membuat jejaring baru baik dari Indonesia maupun dari luar negeri sebagai ajang promosi maupun menjalin koneksi ataupun persahabatan dan penanganan dengan customer akan lebih cepat dan praktis dengan adanya fasilitas chatting. Prinsipnya, kemampuan kemudian tinggal plug and play saja.

Di luar konteks komputer, adanya handphone sangat memudahkan saya untuk berkomunikasi dengan siapapun. Terlebih lagi, operator kian memberikan kemudahan bagi penggunanya. Saya, sebagai pemakai dari operator XL merasa puas dan sangat terbantu. Saya sejak pertama memiliki handphone telah menggunakan XL, terlebih sekarang dengan berbagai pilihan paket yang tersedia, membuat pelanggannya bebas menentukan paket yang tersedia sesuai dengan kebutuhannya.

Dengan adanya komputer, internet, dan handphone, saya benar-benar terbantu dalam pekerjaan saya. Saya berkomunikasi dengan pelanggan maupun calon pelanggan, saya mempromosikan pekerjaan saya, saya juga mendapatkan segudang informasi terkini.

Dengan adanya era digital ini, kesempatan semakin terbuka lebar. Semua posisi puncak perusahaan tidak lagi hanya milik kaum pria. saat ini yang lebih dibutuhkan adalah niat dan kemampuan. Terima kasih Kartini yang telah menghilangkan jurang pembatas antara pria dan wanita. Tinggal bagaimana kita menerukan perjuangan Kartini dengan mengisi otak kita serta mempergunakan kesempatan yang ada.

Melalui ini, saya sebagai wanita Indonesia akan membuktikan bahwa saya akan meneruskan perjuangan Kartini di era modern ini. Saya niat, saya mampu, dan saya pasti bisa menjadi wanita berprestasi bagi Indonesia berprestasi. Kelak, akan semakin banyak dan tumbuh, Kartini-Kartini Digital.




Photobucket

0 komentar: