Cloud Computing Mencerdaskan Planet

Kamis, April 21, 2011
Tema: Bagaimana Membuat smarter Planet dengan Smarter Computing

Komputer telah memasuki era baru yaitu dikenal dengan istilah komputasi awan (cloud computing), yang mana terjadi pengintegrasian proses untuk suatu peningkatan yang berarti dengan memanfaatkan jaringan internet dengan menghubungkan suatu kumpulan komputer. Sebuah inovasi teknologi yang mengantarkan untuk memasuki era baru dengan smarter computing, yang dapat membantu menciptakan smarter planet. Diharapkan pemanfaatan smarter computing dapat membentuk smarter planet.

smarter planet benar-benar dapat dikatakan "smarter" apabila terjadi transformasi proses binis seperti manufactur, penjualan, dan perbankan melintasi setiap industri, sehingga manusia dapat mengaksesknya dengan cepat dan mudah. Diperlukan integrasi antara data, sistem, dan cloud.

Data: berubah dari penyimpanan data secara tradisional menjadi modern dengan membuka setiap kunci pada penyimpanan data sehingga dapat diakses oleh industri lain.

Sistem : lebih didesain secara lebih spesifik dan rinci terhadap kebutuhan.

Cloud : dibutuhkan untuk mengatur dan mentransfer semuanya (data dan sistem) dalam suatu cara yang baru melalui cloud computing

Perusahaan-perusahaan pada setiap industri dapat membuat suatu terobosan teknologi untuk menciptakan model bisnis yang baru dengan inovasi teknologi yang kemudian akhirnya dapat meningkatkan perekonomian.Seperti contohnya, email yang berbasis website yang memudahkan kita untuk dapat membaca email sewaktu-waktu dengan tidak menggunakan aplikasi desktop atau lainnya yang memperlambat pengaksesan email. Perekonomian akan terbantu yang dalam suatu bisnis saling terintegrasi dengan perbankan misalnya, aktivitas perbankan mini dapat kita ciptakan dimana saja.

Dengan demikian, sebagai kesimpulannya, pemanfaatan komputer yang saling terhubung dan lintas industri dengan melakukan smarter computing akan menciptakan smarter planet. Hal ini dirasakan karena manusia akan terbantu lebih cepat dan dapat mengakses data yang diperlukan dengan mudah juga. Manusia akan menjadi lebih modern dan tidak terkesan membuang-buang waktu untuk suatu pekerjaan dan akan menghasilkan planet menjadi "smarter" pula.


Photobucket

0 komentar: