Viewers

Indonesia Berprestasi, Akankah Terwujud ?

Kamis, Desember 09, 2010
Indonesia ku, Indonesia kita...
Tak terasa bulan demi bulan kita jalani, hari demi hari kita lewati, bersama sebagai warga negara indonesia... Kita telah sampai di penghujung tahun 2010 dan merupakan saat yang tepat bagi kita semua untuk merenung, memikirkan semua apa yang telah kita lakukan untuk bangsa kita, dan apa yang akan kita lakukan ke depannya di tahun depan, untuk kemajuan bersama bangsa kita?

Sekedar boleh saya berpendapat, sebagai generasi anak muda, yang berjiwa modern namun labil. Segala masukan dan pengaruh dari asing, kerap masuk ke kita, namun kelabilan kita generasi muda penerus bangsa, kita sering mengambilnya mentah-mentah untuk rasa gengsi sebagai anak gaul dan modern.

Bahasa asing yang masuk ke kita, sangat bagus untuk mempersiapkan kita memasuki era globalisasi. Segala kemoderenan dan kecanggihan teknologi sangat memeprmudah kita mengakses segala informasi dari segala penjuru dunia. Namun apakah kita masih ingat dengan nilai-nilai budaya bangsa kita? Apakah dengan adanya akses yang mudah berselancar di dunia maya, membuat kita salah perilaku, hingga seperti contohny amuncul beberapa kasus negatif akibat facebook.

Lalu bagaimanakah kita menyikapinya?

warga negara indonesia terbukti memiliki pengetahuan dan kreativitas yang dahsyat, namun hal itu harus terarah, dengan think globally, act locally. Kita berpikir secara modern dan luas, namun diterapkan dengan perilaku yang sesuai dengan nilai bangsa dan dalam batas kewajaran. Kita dapat dengan mudah mengakses internet, namun informasi yang kita cari hendaknya yang sesuai dengan kita dan bermanfaat.

Selain itu, dari segi pemerintah dan lembaga kemasyarakatan, hendaknya menyediakan fasilitas yang menunjang, sehingga warga negara indonesia di pelosok negeri manapun, mampu think globally, act locally. Pemerataan pendidikan dan fasilitas hendaknya diprioritaskan, sehingga anak-anak bangsa memiliki kemampuan yang hebat, baik anak perkotaan maupun anak pedesaan, tidak ada lagi gapping atau kesenjangan akan hal itu.

Kemudian, prioritas berikutnya, memfasilitasi kreativitas anak bangsa, yang saat ini mulai bertumbuhan industri kreatif khas anak bangsa yang mana hal itu akan menjadi asset bangsa indonesia.

Saya lihat, anak muda sekarang mempunya ide segudang, kreatif, unik, seni, dan berani mencoba sesuatu tantangan yang baru, mengapa hal baik itu tidak dapat terwujud dengan mudah? Saya yakin, pendekatan atau sosialisasi yang menyenangkan dan dukungan yang kuat serta adanya fasilitas yang menunjang, maka anak bangsa ini akan membawa indonesia terpandang di mata dunia....

Inilah kita, anak generasi penerus bangsa, yang merupakan aset terpenting bangsa indonesia !


Photobucket

0 komentar: