semangat kita, semangat sumpah pemuda

Rabu, Oktober 13, 2010

memasuki bulan oktober? masikah kita sebagai pemuda-pemudi, generasi penerus bangsa ingat bahwa di bulan oktober ini kita bersama-sama peringati hari sumpah pemuda? jangankan ingat tanggalnya, kapan saja itu dan apa itu sumpah pemuda, banyak yang tidak tahu bahkan tidak mau tahu. sikap acuh tak acuh, cuek bebek, terutama di tengah himpitan peradaban teknologi di sana-sini, membuat kita lupa, bahwa kita mempunyai tanggung jawab terhadap nusa kita, bangsa kita, dan bahasa kita, yaitu INDONESIA.

Sumpah Pemuda yang terjadi 82 silam, hanyalah kenangan belaka, jama bauheula, sudah ketinggalan jaman, tidak mungkin suatu hal yang penting di era digital ini. Apakah demikian???
marilah kita sama-sama menelusuri dan memahami, bukan dalam konteks harafiah, namun secara mendalam, apa makna yang terkandung di dalamnya:

Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

semangat pemuda mengawali terjadinya persatuan dan kesatuan di negeri kita, oleh karena itu, kita mengupayakan semangat tersebut jangan pernah luntur dengan diimbangi perkembangan era digital, sehingga kita yang bertumpah darah satu, berbangsa satu, dan berbahasa persatuan, selalu ingat dan sadar bahwa kita semuanya satu dan tidak ada lagi hasutan yang menyebabkan perpecahan dan pertikaian. Bersama-sama mewujudkan Indonesia menjadi bangsa yang besar di mata dunia di era digital, sehingga semangat pemuda-pemudi Indonesia 82 silam akan terus terpancar dan tak pernah padam, sampai kapanpun.

Banyak hal yang kita lakukan untuk meneruskannya, pertama harus benar-benar memahami, kita semuanya itu SATU walaupun berbeda adat-istiadat, namun kita sama-sama berwarganegara Indonesia. Setelah itu, warisan budaya, janganlah pudar, tepo-seliro, saling menghormati, tetap kita junjung tinggi sebagai warisan budaya orang timur. Kecanggihan teknologi boleh saja masuk dengan mudah, namun kita utamanya pemuda-pemudi yang cerdas, harus mampu memfilternya apakah hal tersebut bagus untuk kita dan sesuai dengan budaya. Dengan demikian, Indonesia akan selalu tenteram, damai, maju moderen sesuai dengan perkembangan era digital, serta akan menjadi bangsa yang besar.



Photobucket

1 komentar:

Veronika at: Kamis, Oktober 21, 2010 3:47:00 PM mengatakan...

Hai,

Kami merasa bahwa konten di dalam situs Anda sangatlah menarik dan bermanfaat dan kami berharap bahwa Anda mau mempertimbangkan kesempatan untuk bisa berbagi dengan kalangan pembaca dari media lain, yaitu kepada sejumlah pengguna ponsel dari Mobile Internet tentunya.

Disini kami ingin memperkenalkan fitur “Mobilizer” yang kami miliki dimana fitur ini dapat merubah situs web yang mempunyai RSS atau atom feeds menjadi situs mobile tanpa diperlukan programming lebih lanjut. Hanya dengan beberapa langkah saja, Anda dapat me-monetize traffic dan membentuk pengikut baru dari kalangan mobile.

Untuk kenyamanan Anda dan sebagai bahan ilustrasi, kami telah membuat situs mobile Anda yang dapat langsung Anda lihat di http://buzzcity.mobi/17trshoes dan silahkan hubungi kami untuk info loginnya.

Semoga ini bisa menjadi awal kerjasama yang baik diantara kita dan silahkan kunjungi situs kami di www.buzzcity.com jika Anda membutuhkan info lebih lanjut.

Buzzcity (myGamma) juga akan hadir di acara Pesta Blogger 2010 pada tanggal 30 Oktober 2010 di Jakarta sekaligus sebagai salah satu sponsor, semoga kita dapat berjumpa langsung disana untuk saling bertukar pikiran lebih banyak lagi. :)