Viewers

Keragaman itu indah

Rabu, Oktober 13, 2010
Manusia itu unik
Manusia itu mempunyai karakteristik masing-masing
Bahkan kembar identikpun, memiliki sifat yang berbeda
Namun kita semua tinggal bersama
Pada satu nusa
Pada satu bangsa
Pada satu bahasa
Yaitu...
I. N. D. O. N. E. S. I. A

wah momennya tepat bangets ini, di bulan oktober, bulan pesta blogger yang pas mengangkat tema "merayakan keragaman", trus di bulan oktober ini merupakan bulan sumpah pemuda (hayoo... pada inget kan? iyap, sumpah pemuda, sumpah yang diucapkan pemuda-pemudi pada taon 1928 makna persatuan dan kesatuan).

Memang Indonesia kita ini dikenal banyak keanekaragaman, baik keanekaragaman tumbuhan, hewan, hingga adat istiadat, karena Indonesia memiliki banyak pulau-pulau, namun itu semua tetap SATU.

berbeda-beda namun tetap satu jua
bhinneka tunggal ika

keragaman merupakan suatu hal yang membanggakan, itu menandakan bangsa kita kaya. Namun itu semua hanyalah teoritis yang indah, dan memang terlaksana dengan baik dulu. Iya, memang dulu, kita semua para pendahulu kita bersatu dengan semangat dan gigih meraih cita bersama, kemerdekaan negara kita. Semangat tanpa adanya poamrih, tanpa adanya perbedaan status sosial. Mereka semua merasa sama, punya hak dan sama terhadap Indonesia.

Lalu yuk... kita lihat sekarang, wow, perselisihan dan pertengkaran kerap sekali terjadi. Baik karena status sosial, jabatan, kuasa, kekayaan, hingga masalah kebiasaan dan rutinitas. Di bulan persatuan dan kesatuan, yaitu oktober ini, kita para pemuda-pemudi masa kini wajib menjaga nilai bangsa, persatuan dan kesatuan bangsa kita ini.

Katanya mengaku sebagai anak muda?
Katanya mengaku sebagai anak gaul?
Katanya mengaku sebagai anak moderen?
Katanya mengaku sebagai orang yang tidak ketinggalan jaman?
Katanya mengaku cinta tanah air?
Katanya mengaku dilahirkan di Indonesia?
Katanya mengaku bangga dilahirkan sebagai anak Indonesia?

Mana itu semua? sudahkah terwujud?
Segala kecanggihan di peradaban baru ini, akan membantu kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan.
Memanfaatkan teknologi di berbagai sosial media, untuk mengampanyekan hal-hal positif dan mengajak teman-teman untuk menyebarkannya.
Memanfaatkan sarana dan prasarana dalam menuangkan kebebasan, menuangkan pendapat, dan menuangkan inspirasi, membuat kita akan menjadi bangsa yang maju.

Tapi itu semuanya diperlukan koridor yang benar, INGAT, bahwa kita dilahirkan di Indonesia, sehingga berkewajiban membawa harum nama INDONESIA.
Sebagai anak muda yang cerdas, mampu menyaring segala hal yang negatif, yang tidak sesuai dengan falsafah bangsa.

Ayooo.... kita sama-sama merayakan keragaman, karena keragaman itu indah dan hanya diperlukan saling menghormati sehingga kita semua dapat menikmati indahnya keragaman di bangsa kita ini. Tidak hanya di bulan oktober saja, melainkan terus dan mewariskannya ke anak cucu kita kelak. Namun sapa lagi yang harus memulainya terlebih dahulu? mengapa saling menunjuk dan menunggu? Alangkah baiknya kita semua, ya... kita yang memulainya. Mengapa tidak?



Photobucket

0 komentar: