Viewers

Positif dan Negatif dari Jejaring Sosial, yang Terpenting Sadar Kesehatan dan Keamanan

Jumat, Juli 23, 2010
Jaman sekarang sudah tak dapat kita pungkiri lagi bahwa komputer sangat membantu kita semua sebagai insan manusia, di mana semua aktivitas kita menjadi lebih mudah dan cepat. Komputer merupakan perpanjangan aplikasi dari suatu teknologi yang moderen. Terus berkembang hingga komputer yang dilengkapi oleh internet semakin memudahkan kita untuk selalu terhubung dimana saja dan kapan saja dengan kerabat kita, tak terhalang oleh suatu jarak yang jauh dan perbedaan waktu yang signifikan. Kemudian terus berkembang dan tak luput pula maraknya situs jejaring sosial yang tak hanya merambah kawula muda saja, namun juga para orang tua. Layaknya seperti buzz yang cepat berkembang besar dan menyebar, situs jejaring sosialpun semakin banyak alternatif dengan fasilitas fitur yang dapat digunakan makin bervariatif.

Banyak sisi positif dan juga negatif yang ditimbulkannya. Para pengguna situs jejaring sosial wajib berpatokan pada etika dan budaya kita yang sesuai, bebas namun tidak kebablasan sehingga tidak merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Tetap mematuhi kaidah dan aturan yang berlaku jadi pengguna sama-sama enak dan merasa aman karena situs jejaring sosial tidak mengenal umur, gender, maupun suku.

Bahaya situs jejaring sosialpun juga semakin gencar, seperti diberitakan adanya pelecehan sosial, penculikkan, kasus perceraian, dan pertengkaran, yang terjadi akibat dari situs jejaring sosial. Pengguna menjadi maniak dan tidak terlepas dari komputer dengan account jejaring sosialnya sehingga segala aktivitasnya menjadi terbelengkalai. Tipu menipu juga dapat muncul, segala rayuan manis dilontarkan dengan target anak dibawah umur yang polos, sehingga akhirnya terjadi penculikkan dan pelecehan seksual. Bercanda atau pertengkaran dengan beda tipis yang melontarkan tulisan jorok dan tidak sopan, bagaimana jika terbaca oleh anak di bawah umur atau kalangan ellite? Tentu saja bahaya ini membuat miris dan was-was para orang tua dan juga pengguna situs jejaring sosial yang baik dan benar. Tak jarang para orang tua akhirnya melarang anaknya bermain internet dengan asumsi menimbulkan bahay dan pengaruh negatif.

Bagaikan buah simalakama, internet dengan situs jejaring sosialnya memberikan dampat positif sekaligus negatif. Menjaga username dan password kita sebagai privasi kita, menjaga tindakan kita dalam menulis atau berkomentar, mengunduh foto, maupun menyebarkan informasi, perlu ditanamkan pada diri kita masing-masing dan selalu mengingat bahwa teknologi, komputer, internet, dan situs jejaring sosial merupakan manfaat plus bagi kita, sehingga harus memberikan suatu hal positif bagi masing-masing pribadi. Kita akan mendapatkan pengetahuan yang luas, mendapatkan berbagai informasi yang bagus, mendapatkan kabar dari kawan kita, bertemu dengan teman lama kita, saling bertukar informasi, saling membagi cerita dan foto, dan banyak lagi berbagai manfaat positif yang kita dapatkan, itulah dapat dikatakan situs jejaring sosial yang sehat.

Sebagai contoh kongkrit, penulis dapat berkomunikasi serta menjalin hubungan kembali dengan teman lama yang sempat terputus beberapa tahun karena pindah sekolah ataupun pindah ke negara lain. Tentu saja perasaan senang tak terelakkan, kita jadi mengetahui kabar teman kita. Selain itu informasi dapat kita peroleh dengan mudah, seperti misalnya penulis mengikuti berbagai lomba dari iformasi yang didapat di situs jejaring sosial, sudah tak berbayar, mengasah kreativitas, iseng-iseng, dapat hadiah pula. Kemudian, meng-update status untuk memberikan informasi umum maupun mengenai diri kita, dukungan kerap dirasakan penulis jika pada saat yang tidak enak, serta ucapan rasa bangga dilontarkan ketika penulis mendapatkan suatu kemenangan dalam lomba atau hal lain, dan tak lupa ucapan selamat di saat hari bahagia seperti ulang tahun, kelulusan, dan bahkan kelahiran anak anjing. Asiknya, kita dapat membagikan informasi dan pengalaman kita tersebut kepada teman-teman kita seantero negeri. Merasa banyak dukungan di belakang kita, walaupun itu secara maya.

Akirnya wajib kita pahami bersama, bahwa situs jejaring sosial meliputi kumpulan orang banyak, baik yang kita kenal maupun tidak. Oleh karena itu mari kita saling beronline ria dengan situs jejaring sosial secara sehat dan aman sehingga manfaat positif benar-benar dapat kita rasakan bersama yang membawa kebaikan serta kemajuan bagi masyarakat Indonesia ini.

http://www.facebook.com/home.php?#!/notes/ratna-jaya-kusumawati/positif-dan-negatif-dari-jejaring-sosial-yang-terpenting-sadar-kesehatan-dan-kea/411099948239


Photobucket

0 komentar: