Tahapan Transformasi Pertamina

Rabu, Desember 16, 2009
Perubahan adalah suatu keniatan dan kerja keras dari semua anggota organisasi, pelaksanaan erlu dikonsep dengan matang kemudian dijalankan secara berkesinambungan dan konsisten. Kerja keras adalah energi kita dalam meraih kesuksesan.

Pertama-tama Pertamina melakukan sosialisasi mengenai program 15 tahunnya yang terbagi dalam 3 tahapan 5 tahuna-an, dan rencana2 perubahan ke berbagai unit usaha mulai dari level paling bawah hinggal level paling atas sehingga semua anggota organisasi Pertamina mengerti akan perubahan yang diinginkan bersama dan akan dibawa ke mana Pertamina baru ini.

Semua konsep sangat mudah dibuat, prakteknya perubahan sangatlah sulit dilakukan. Resistent to change, ya!, orang kebanyakan sudah nyaman dalam situasinya dan enggan untuk berubah. Oleh karena itu diperlukan kerja keras dari masing-masing anggota organisasi untuk mau berubah, untuk merubah pola pikir (mindset) dan berkemauan keras dalam diri serta sadar untuk mau berubah, paksa untuk melakukan perubahan, memang sulit dan dibutuhkan kerja keras.

Perubahan juga harus dilakukan pada budaya kerja, mulai dari hulu sampai hilir. Pertamina menerapkan sistem reward dan punishment di mana para karyawan Pertamina akan memperoleh insentif dan pengembangan karir berdasarkan penilaian kinerja dengan perbedaan yang cukup signifikan. Dan apabila terjadi penurunan kinerja dan pelanggaran, Pertamina akan memberikan punishment seperti teguran dan ancaman PHK bila sangat mendesak dan sangat diperlukan.

Pertamina juga menciptakan kompetisi atau persaingan internal di dalma perusahaan Pertamina itu sendiri untuk mendapatkan orang2 yang kompeten. Melakukan rotasi karyawan untuk menghindari adanya kecurangan dan kejenuhan, serta perekrutan karyawan baru yang kompeten di bidangnya masing2.

Dalam bidang operasional, Pertamina melakukan operation performance improvement, yaitu selalu berusaha dan bekerja keras meningkatka kinerja operasional yang meliputi penekanan biaya dan peningkatan keandalan. Dengan demikian, dalam unit operasional harus mampu menghasilkan produk2 yang dapat bersaing baik secara kualitas dan kuantitas sehingga akan memudahkan bagian marketing dalam memasarkan produk dan dalam menghadapi persaingan yang ada.

Intinya:
"kemauan, niat, kerja keras, kerja sama, sebagai sumber perubahan dan sumber energi
"

Photobucket

0 komentar: