Viewers

Menuju pendidikan Indonesia yang lebih baik dan maju

Senin, Desember 14, 2009
Internet sudah merambah ke semua bidang, semuanya mengandung unsur teknologi. Ya memang teknologi dan internet sudah barang yang aduhai lagi, sudah umum, karena banyak sekali manfaat yang bisa diambil, salah satunya ya praktis karena bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Terus juga sangat membantu kita, karena sifatnya yang buzz atau cepat menyebar...

Tentunya diharapkan internet ini juga merambah pendidikan kita di Indonesia ini. sehingga akan memperlancar dan mempermudah baik guru maupun siswa dalam proses belajar mengajarnya. Kalau bole Ratna berandai-andai nich:

Bahwa belajar mengajar itu bukanlah sifatnya seketika dan hari itu, detik itu saja, namun merupakan suatu proses yang sifatnya terus menerus dan berkesinambungan. Tentunya siswa yang datang ke sekolah juga ngga boleh dihapus begitu saja, jadi siswa tetap perlu bertatap muka dengan tujuan siswa dapat mempelajari secara langsung dengan gurunya sehingga transfer knowledge dapat terjadi serta perilaku guru yang baik dan wejangan2 guru yang bijaksana dapat diserap siswa. Karena belajar mengajar bukan hanya mengasah otak saja supaya cerdas namun juga dperlukan pembentukan sikap atau perilaku yang baik sejak dini.

Setelah siswa belajar di sekolah, tentunya guru memberikan berbagai macam tugas maupun ulangan, nah guru dapat memanfaatkan internet ini, sekaligus tetap menjalin hubungan dengan siswanya di luar pendidikan formal di sekolah, dengan demikian inilah yang dinamakan suatu proses belajar mengajar, yang mana siswa membutuhkan pendampingan selalu. Guru dapat mengikuti perkembangan internet seperti ikut join di situs pertemanan yang lagi marak, dan guru wajib memiliki blog sebagai sarana komunikasi dan penyebaran informasi, selain itu guru juga dengan sukarela menjalin komunikasi dengan siswa dengan cara memanfaatkan fitur chatting.

Dari hal-hal tersebut, siswa akan semakin dekat dengan gurunya sehingga transfer knowledge dan experience dapat dengan mudah dilakukan dan guru dapat selalu memberikan bimbingan kepada siswanya baik bimbingan pelajaran maupun bimbingan sikap.

Harapan pendidikan indonesia yang lebih baik dan sikap anak bangsa yang sesuai dengan falsafah indonesia, akan segera terwujud dengan adanya kerjasama dari semua pihak dan yang terpenting kemauan untuk maju bersama-sama


Photobucket

0 komentar: