Viewers

Kertas

Selasa, Desember 22, 2009
Kertas atawa yang disebut in english sebagai paper, saat ini mutlak dipake oleh semua orang di seluruh dunia. Iyap! karena kertas emang digunakan sebagai administrasi dll. Tapi tau dan sadarka kita, bahwa penggunaan kertas yang begitu besar sangat mempriatinkan lingkungan kita? karena dalam memproduksi kertas diperlukan bahan baku yang amat besaar.

Di mana satu batang pohon kayu dapat menghaslkan 16 rim kertas (1 rim = 500 lembar. Lalu so what gitu lo? Nah setiap harinya, setiap jamnya, hutan2 kita makin gundul dan benar2 gundul polos, hal ini karena penebangan besar2an untuk memproduksi kertas. Dan dalam memproduksi kertas, tidak hanya bahan baku dari pohon kayu saja, namun juga terdapat bahan tambahan lainnya, yang menyebabkan limba dari hasil produksinya. (mengganggu khan?). Ya bayangin aja, bahwa sau batang pohon tersebut dapat menghidupi 3 orang karena dapat menyuplai oksigen.

Satu hal lagi, ini fakta lo... bawa industri kertas merupakan industri dengan pemakai energi bahan bakar ketiga terbesar di dunia (horee....eh kok malah hore, juara ke3 tapi untuk pemaka energi terbesar....uh...boros energi donk!)

Kertas semakin meluas digunakan, tidak hanya untuk menulis, tidak hanya untuk administrasi saja, melainkan terus berkembang ke industri pengemasan/packaging, so nambah banyak aja penggunaan kertas, nambah banyak aja limbah yang dihasilkan dr produksi kertas, dan juga namba gundul aja hutan2...

So...go paperless, manfaatin dunia kecanggihan teknologi, komputer dan internet...
Selamatkan hutan...
Trus kerta2 yang uda kita pake, kertas bekas maksudnya, kita daur ulang menjadi barang2 bermanfaat, sehingga tidak menimulkan sampah lagii...




Photobucket

0 komentar: