Viewers

Kerja Keras Adalah Energi Kita, Selayang Pandang Perubahan Pertamina

Rabu, Desember 16, 2009
Era globalisasi semakin mendesak dan tidak dapat dihindari lagi, di mana perekonomian global akan sangat berdampak pada persaingan yang semakin ketat, kepada pembeli selaku raja, serta kepada perubahan yang mutlak diperlukan. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan harus mampu beradaptasi dengan segala tuntutan dan perubahan jaman sehingga mutlak dierlukan perubahan. Ibarat pepatah, tidak ada yang abadi di dunia ini selain perubahan itu sendiri. Kapan saatnya yang tepat untuk memulai perubahan? itu adalah pilihan dari masing-masing perusahaan, namun dengan adanya strategi dan rencana perubahan yang tepat serta waktu pelaksanaan yang tepat, maka perusahaan akan mampu berkembang dan bersaing di era globalisasi. Pertamina merupakan slaah satu perusahaan yang mampu menganalisis perubahan jaman dan mengambil keputusan yang tepat untuk berubah.

Alasan Pertamina Berubah
Perubahan yang paling mendasar adanya perubahan regulasi yang mengakibatkan perubahan status badan hukumnya menjadi Persero sehingga orientasinya sekarang murni ke bisnis dengan profit oriented. Demikian pula kewajiban Pertamina sebagai PSO (public service obligation) yang diwajibkan mengadakan dan mendistribusikan BBM ke masyarakat telah lepas. Jadi Pertamina harus lebih efisien dalam kegiatan operasionalnya mulai dari hulu ke hilir.

Selain itu perdagangan bebas menuju globaliasi tdak dapat mengelak, di mana ditandai dengan UU Migas dan UU Antimonopoli di Indonesia. Lihat saja telah banyak SPBU asing yang telah masuk ke Indonesia, hal inilah yang membuat Pertamina harus melakukan perubahan agar tetap dapat mempertahankan pangsa pasarnya dan mampu bersaing dalam bisnis global.

Proses perubahan yang diperlukan harus bersifat enyeluruh dan berkesinambungan yang terangkum dalam transformasi bisnis, kerja keras mutlak diperlukan karena kerja keras adalah energi kita. Semua aspek dilakukan perubahan sehingga perusahaan dapat memfokuskan diri pada bidang bisnis yang menjanjikan (business repositioning), menciptakan daya saing, meningkatkan kemampuan organisasi agar dapat memiliki daya dukung yang lebih kuat, menciptakan nilai dan penghasilan finansial yang lebih besar, serta berpeluang lebih besar menjadi world class company.

Perubahan Pertamina
Pertamina telah mengkonsepkan program 15 tahun ke depan. Target 5 tahun pertama (2008-2013) menjadi perusahaan minyak nasional no. 1 di Indonesia. Target 5 tahun kedua (2013-2018) menjadi perusahaan minyak nasional terkemuka di Asia Tenggara. Target 5 tahun ketiga (2018-2023) diharapkan Pertamina telah menempati posisi kelas dunia bersama dengan pemain lainnya.

Sedangkan rencana perubahan Pertamina meliputi perubahan paradigma manajemen, perubahan kegiatan usaha di sektor hulu sebagai pendapatan utama pertamina, perubahan kegiatan usaha di sektor hilir sebagai ujung tombak Pertamina dalam interaksinya dengan konsumen, dan restrukturisasi korporat yang terdiri dari SDM, hukum, informasi teknologi, dan administrasi umum.

Pertamina memegang teguh prinsip 4C, yaitu confident (percaya diri), clean (bersih), customer focus (fokus pada pelanggan), dan competitive (daya saing). Kepercayaan diri merupakan awal dari segala perubahan yang mana masing-masing individu harus siap menghadapi segala risiko yang ada. Prinsip tersebut diteapkan secara menyeluruh, dan perubahan harus dimulai terlebih dahulu dari pimpinan yang kemudian diaplikasikan ke bawahan.

Selain prinsip 4C, 3 elemen mendasar dalam perubahan adalah people (individu dalam organisasi), process (proses transformasi), dan culture (budaya kerja yang mendukung perubahan) yang saling berkolaborasi. Semua anggota organisasi dari pimpinan hingga bawahan harus saling mendukung dalam melakukan perubahan dengan ditunjang adanya proses erubahan yang etrlebih dahulu disosialisasikan ke semua jajaran Pertamina, dan budaya kerja dalam organisasi yang juga perlu diubah untuk mendukung terjadinya perubahan yang lebih baik dan yang di dalamnya terdapat unsur niat, kerja keras. KERJA KERAS ADALAH ENERGI KITA....






Photobucket

1 komentar:

Anonim at: Senin, Februari 28, 2011 7:36:00 PM mengatakan...

Public Service Obligation masih diemban pertamina kok,, ^_^