Bahasaku Bahasa Indonesia

Selasa, Oktober 06, 2009
Adanya kemajuan jaman membuat dampak pengaruh asing dengan mudahnya masuk ke Indonesia tanpa adanya suatu penyaring yang ketat. Demikian pula, dewasa ini teknologi merupakan suatu penunjang dalam kehidupan manusia dan utamanya kehidupan modern. Teknologi telah diyakini bersama, bahwa Teknologi memudahkan kehidupan manusia. Bermula dari adanya teknologi tersebut, berkembang pada Internet.

Internet merupakan suatu wahana yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja, sehingga membuat semua manusia kecanduan akan Internet. Internet dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Baiknya, Internet membantu kita mendapatkan segala informasi yang kita inginkan dengan cepat jadi akan membuat masyarakat Indonesia semakin pintar dan kaya akan informasi. Namun Internet memberikan dampak yang negatif, karena dalam Internet juga mengandung hal-hal dan informasi yang negatif pula, berbagai situs negatif dapat dengan mudahnya diakses oleh pengguna Internet di Indonesia. Berbagai budaya asing juga degan mudahnya ditiru oleh anak bangsa Indonesia, terlebih lagi apabila pengguna Internet termasuk dalam kategori usia labil.

Situs jejaring teman juga kian berkembang dan marak. Chatting, facebook, dan blogging merupakan suatu kesatuan Internet yang tidak dapat dipisahkan oleh kawula muda dan bahkan orang tua sekalipun. Saling berbagi informasi memang baik, namun penggunaan bahasa sebagai media penyampaian informasi sudah tidak mencerminkan budaya berbahasa Indonesia. Berbagai istilah asing kerap digunakan, dan bahkan akan lebih berbangga apabila mereka saling berbagi informasi dengan menggunakan bahasa asing. Kebanggaan dan kecintaan akan bahasa asing menjadi suatu kelebihan bagi mereka dan mereka akan merasa "sombong" apabila mampu berbahasa asing.

Lalu kemanakah budaya berbahasa Indonesia? Kita semua wajib sadar, kita merupakan satu kesatuan yang dilahirkan dan dibesarkan di Indonesia, bukankah seharusnya kita bangga berbahasa Indonesia dan menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu kita yang tak akan pernah tergantikan? BAHASAKU, BAHASA INDONESIA. Sehingga dengan demikian akan ada upaya untuk menjadikan bahasa INDONESIA sebagai bahasa INTERNASIONAL nantinya. Mungkinkah???


Photobucket

0 komentar: