OSS keren lho...

Senin, September 14, 2009
Gerakan Open Source di Indonesia ini mulai benar2 dilaksanakan. Seperti amanat dari SE Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dengan nomor SE/01/M.PAN/3/2009, yang berisi kewajiban pemanfaatan perangkat lunak dengan OSS (Open Source Software) bagi seluruh instansi pemerintahan. Hal tersebut menindaklanjuti kesepakatan WSIS (World Information Society) pada desember 2003, yang berisi amanat kepada instansi pemerintah maupun swasta agar dapat bekerja sama dan saling mendukung dalma pengembangan Open Source Software, yang dapat dengan mudah di download secara free melalui internet.

Instansi-instansi pemerintahan di Indonesia mulai digalakkan pemakaian OSS dalam operasionalnya. Ya harus begitu donk, dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia bahwa OSS ini merupakan software legal, mudah didapatkan, dengan harga yang terjangkau dan bahkan free. Dengan demikian beberapa harapan dapat dicapai, seperti melatih masyrakat Indonesia untuk ber-internet ria secara proaktif sehingga masyarakat Indonesia tidak lagi GAPTEK dan keren donk, fasih akan teknologi dan khususnya Internet karena dalam Internet kaya akan beragam informasi dan pada akhirnya membawa masyarakat Indonesia kepada masyarakat yang cerdas dan mampu bersanding dengan masyarakat dari negara2 maju lainnya. Di smaping itu, untuk mengurangi dan bahkan lama-kelamaan melenyapkan istilah BAJAKAN / PIRACY, malu2in bangsa Indonesia aja hehee. Nah dengan OSS maka masyarakat Indonesia dapat berbagia keuntungan:
1. Mudah didapat
2. harga terjangkau dan bahkan free
3. melatih fasih ber-internet
4. istilah gaptek, jauhhh deh dari kita
5. citra Indonesia akan baik, tak ada lagi bajakan2 gitu

Nah memang sebuah langkah yang bagus sekali bagi instansi pemerintah yang menggunakan OSS. Contohnya (wuahhh salut deh), PEMKOT kota surabayaku yang tercinta ini, kota kelahiranku bekerjasama dengan IBM Indonesia meluncurkan sebuah sistem operasi SOERYA (Sistem Operasi Masyarakat), dengan nama JEMBATAN MERAH. Kerennn en canggih booo.... CCTV (Closed Circuit Television) yang dapat diakses secara onlen lho.... mengenai lalu lintas dan juga pelayanan kependudukan, yang secara onlen juga tentunya. siippp....

Ayo Indonesia....OSS keren lho....

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009

Photobucket

0 komentar: