Viewers

Mengenal Software Asli Lho...

Kamis, September 10, 2009
Penggunaan komputer sudah jamannya sekarang, apalagi bagi kawula muda namun juga tidak menutup kemungkinan bagi orang yang sudah berusia cukup, karena teknologi sudah diakui membantu pekerjaan manusia seefisien dan seefektif mungkin. Dalam mendukung kinerja komputer sesuai dengan pekerjaan kita, maka perlulah diisi oleh software2 pendukung.

Sebagian besar dari kita masih saja menggunakan software bajakan dengan membeli software di pasaran yang banyak beredar, namun oleh karena alasan kantong kita yang tipis alias tidak mempunyai uang cukup sementara pekerjaan mesti jalan trus, dipilihlah alternatif membeli software bajakan di mana kita telah familiar menggunakannya dengan harga yang murah pula, yang biasanya dijual dalam kepingan CD ataupun DVD. Ya...ya...ya....di Indonesia ini tersebar luas dan sangatlah mudah bagi kita untuk mendapatkan software bajakan, sehingga Indonesia akan menjadi terkenal dengan "bajakannya" donk...

Begitu sampai di rumah, kita biasanya bergegas mencoba CD / DVD software tersebut, dengan harapan agar kita bisa segera memulai dan menyelesaikan pekerjaan kita. Aahhrrrggg, sial, begitu manisnya sampul (cover) CD / DVD tersebut, tapi tidak sepadan dengan isinya. Kita terkendala dengan kode verifikasi yang harus dimasukkan, dna biasanya kode tersebut hanya ada pada software aslinya (ya iyalah....ini kan bajakan, so pasrah aja dech...). Kalo kita lucky, kita bisa aja install software bajakan tersebut, karena dalam CD / DVD tersebut juga disertakan kode verifikasinya (iyessss....bisa donk digunakan hehehe).

Kemudian seiring bertambahnya waktu, hari, dan tahun, maka software yang kita punyai tersebut juga perlu untuk di updates sesuai dengan tuntutan jaman, kalo nggak, wah basi tuh, kita bakalan ketinggalan, terutama updates biasanya meliputi kecanggihan fitur2 baru dan tampilan yang so nice. Karena kita pake software bajakan, seringkali problema timbul, kita tidak bisa updates dengan versi yang terbaru. Belum lagi kalo di tengah2 kita pakai software tersebut dan ternyata ada problemo, hayooo pada ngadu ke mana neh???.

Nah kendala2 demikian, memunculkan untuk menciptakan Open Source Software (OSS) dengan harga yang sangat terjangkau alias murah meriah tapi bukan murahan lhoo..., di mana dapat didistribusikan freely dan legal, tidak lagi bajakan melalui internet juga bisa untuk memudahkan kita mendapatkannya dan mengaplikannya pad akomputer kita.

Indonesia negeri tercinta kita ini juga perlu digalakkan penggunaan OSS bagi pengguna komputer Indonesia. ayo rek, kita dukung dan kita pakai OSS ini, kendala apa lagi sih, kan uda murah, asli lagi tidak bajakan, sehingga pandangan dunia tentang Indonesia akan bagus juga. Hal ini juga digerakkan secara semangat oleh Menegristek (Menteri Negara Riset & Teknologi) untuk menyebarkan akan OSS ini dengan tema IGOS, Indonesia, Go Open Source!.... cia yoooo


Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009

Photobucket

1 komentar:

嫩师 丰富 at: Sabtu, Oktober 10, 2009 11:00:00 PM mengatakan...

Thanks for the info :D

Wah manteb nih infony~