Majulah Indonesia bersama HKI

Kamis, September 17, 2009
Tema: Budaya Penghargaan Hak Kekayaan Intelektual Sebagai Kunci Ekonomi Kreatif


Majunya suatu negara, ditentukan oleh masyarakat dalam negara itu sendiri dengan berbagai dukungan. Ekonomi kreatif...ya, itu merupakan salah satu tonggak keberhasilan bagi majunya suatu negara, di mana ekonomi kreatif memberikan sumbangan terbesar dalam perekonomian dibandingkan sektor lainnya.

Ekonomi kreatif maksudnya adalah suatu perekonomian yang di dalamnya mengandung hasil kreatif dan intelektual dari sumber daya manusianya. Sutau pemikiran, hasil kreasi, dan intelektual yang menghasilkan suatu karya yang menakjubkan, harus selalu dikembangkan, di dukung, dan juga dilindungi oleh negara sehingga mereka-mereka yang berkreasi merasa aman dan nyaman dan selalu tereksplorasi dan tidak ada lagi kata dan tindakan "pembajakan hasil karyaku". Mereka mendapatkan hak atas karyanya, yang biasa disebut dengan HKI, Hak Kekayaan Intelektual.

Suatu budaya penghargaan atas HKI sebagai kunci ekonomi kreatif sebaiknya terus ditumbuhkembangkan. Dari sisi Pemerintah, dengan selalu memberikan perlindungan hukum yang kuat atas HKI dengan bertindak tegas atas segala pembajakan yang terjadi sehingga mereka akan selalu merasa aman atas hasil kreasinya. Selain itu, Pemerintah dapat memberikan suatu penghargaan atas hasil karya yang bermanfaat bagi negara sehingga mereka akan merasa bangga atas dirinya sendiri. Dukungan secara kontinu atas prestasi mereka juga selalu dilakukan dengan memberikan semangat dan insentif. Banyak dari kalangan yang tidak mampu tapi memiliki pemikiran yang luar biasa, di sinilah Pemerintah wajib peduli dan selalu mendukung serta mengembangkan mereka, dengan adanya pelatihan-pelatihan dna pembiayaan bagi mereka yang tidak mampu namun memiliki prestasi gemilang. Dengan demikian, mereka akan selalu terpacu untuk mengembangkan intelektual dan kreasinya tanpa batas.

Dari sisi masyarakat, sebagai satu kesatuan negara Indonesia, dengan cerminan tenggang rasa yang kuat antar masyarakat, diharapkan dapat menjadi budaya untuk menghargai atas kreasi seseorang yang menjadi haknya dalam Hak Kekayaan Inteletual (HKI). Dengan adanya budaya tenggang rasa dan saling menghargai utamanya atas HKI seseorang, maka di Indonesia ini sudah tidak ada lagi kata "pembajakan atas hasil karyaku". Indonesia dewasa ini merupakan salah satu negara yang di dalamnya terdapat aksi pembajakan yang cukup banyak, oleh karena itu sudah saatnya kita berubah, mari kita angkat citra Indonesia dengan memberantas pembajakan atas HKI.

Bukanlah kita semua harus sadar bahwa Indonesia merupakan suatu negara kesatuan dengan jumlah penduduk yang mencapai 200 jutaan jiwa yang terdiri dari beragam suku dan adat isitiadat, serta banyak pula yang memiliki intelektual yang cerdas dan kreatif. Perkuat tali persaudaraan kita, perkuat budaya tenggang rasa kita, serta perkuat budaya untuk menghargai Hak Kekayaan Intelektual saudara kita sendiri. Mari kita semua bekerja sama menumbuhkan ekonomi berbasis kreatif yang tidak menutup kemungkinan akan semakin banyaknya bisnis kreatif yang bermunculan. Bisnis kreatif tersebut akan memiliki keunikan tersendiri dan hanya dimiliki oleh Indonesia, sehingga akan menjadi kekuatan bagi Indonesia bersaing dengan negara lainnya di kalangan mancanegara.

Kesadaran sebagai satu kesatuan Indonesia dengan budaya menghargai HKI seseorang, serta perlindungan hukum dan pemberian penghargaan atas HKI seseorang dari negara, maka akan memacu masyarakat Indonesia untuk berkreativitas dan berinovasi yang menciptakan ekonomi kreatif yang berbasiskan karya intelktual dan menciptakan bisnis kreatif. Dengan demikian dapat tercapai tujuan memajukan Indonesia di mata dunia dan menghilangkan citra buruk Indonesia dari PEMBAJAKAN.

Ayoooo....IndonesiaKu....


Photobucket

0 komentar: