Viewers

Big Bang...

Selasa, September 01, 2009
Di koran Jawa Pos tertanggal 1 September 09, di salah satu halamannya di bahas mengenai Teori Big Bang, wow kayaknya asik juga tuh. Ratna pernah denger sih sebelumnya teori big bang, di mana setau Ratna teori big bang merupakan suatu teori mengenai kosmologi yang membentuk semesta yang kita huni saat ini. Hehehe hanya itu yang Ratna tau selama ini, nah makanya Ratna tertarik untuk membahas topik TEORI BIG BANG, yukkks.... yang Ratna dapet dari sumber Jawa Pos dan juga ditambahi dari sumber2 di internet.

Big Bang merupakan suatu teori mengenai peristiwa kosmologi, yaitu perkembangan dalam alam semesta hingga terciptalah semesta seperti saat ini, termasuk pula yang membentuk tata surya Dalam Wikipedia Big Bang merupakan terjemahan dari ledakan dahsyat atau kata lainnya dentuman besar, yang menjelaskan mengenai perkembangan dan bentuk awal dari alam semesta.

Dalam teori Big Bang dijelaskan bahwa dahulunya asal mula alam semesta ini merupakan satu titik yang super padat, benar2 dan sangat rapat dan padat, serta dengan kondisi yang panas. Kemudian meledak dan mengembang sekitar 13.700 juta tahun yang lalu.

Penelitian tersebut diawali oleh ahli astronomi dari Amrik, Vesto Slipher, dengan menangkap pergerakan gugusan bintang spiral, yang disebut juga spiral nebula, pada tahun 1912. Spiral nebula ini tak lain merupakan bentuk dari spiral galaxy yang kemudian menurut Slipher gugusan bintang tersebut bergerak menjauh dari bumi.

Peneliti selanjutnya, berselang 10 tahun kemudian, seorang kosmolog dan ahli matematika dari Rusia, Alexander Friedmann mengemukakan bahwa alam semesta ini akan terus mengembang sesuai dengan teori relativitas umum. Pendapat ini bertententangan dengan pendapat sebelumnya yang menganggap bahwa alam semesta statis. Pendapat Friedmann ini didukung oleh para astronom lainnya, yaitu Edwin Hubble.

Hubble di tahun 1924 melakukan observasi dan melihat galaksi yang jauh dan pergerakkannya selalu menjauhi kita dengan kecepatan yang tinggi. Selain itu Hubble juga melihat jarak antar galaksi selalu bertambah setiap saat.

Penemuan dan pendapat Hubble ini selaras dengan Friedmann, di mana alam semesta selalu dan terus bergerak, sehingga kemudian hal itu menimbulkan perkiraan bahwa alam semesta berasal dari dentuman besar (=Big Bang).

Di samping itu, alam semesta mempunyai volume yang nyaris nol dan berada pada kerapatan dengan panas yang sangat tinggi, kemudian meledak dan mengembang dengan laju kritis, yang tidak terlalu lambat membuatnya mengerut atau terlalu cepat seingga menjadi kurang lebih kosong.

Berikut fakta2 penguat teori big bang, yang diambil dari Jawa Pos, 1 Sept 09:
*. Alam semesta ini memiliki permulaan *. Penemuan galaksi2 yang muncul dan bergerak menjauh dengan keceptaan konstan dari kedudukannya semula. Hal demikian merupakan hukum Hubble sesuai dengan nama penemunya Edwin Hubble pada 1929. *. Alam semesta ini pada walnya sangat teramat panas, dengan dibuktikan oleh Arno Penzias dan juga Robert Wilson pada tahun 1965, mendeteksi suhu sebesar 2,725 derajat Kelvin, yang didapatkan dari radiasi CMB (Cosmic Microwave Background)

So...apakah anda sependapat, bahwa alam semesta ini statis atau bergerak?

gambar diambil di sini

Photobucket

1 komentar:

Agand at: Minggu, September 06, 2009 9:22:00 PM mengatakan...

Bergerak. InsyaAlloh...
Kalau ga salah jauh sebelum penemuan itu dipublikasikan, Alloh telah menyampaikan teori ini dalam firman-Nya... Lupa dalam Surat apa... Ta cari-cari dulu... :)