Viewers

Sumbangan Strategi Pengembangan Perbankan Syariah

Minggu, Juli 26, 2009
Salah satu bentuk pengembangan baru dari dunia perbankan adalah Islamic Banking atau biasa disingkat iB dengan mempunyai logo keren tersendiri, merupakan suatu kumpulan perbankan yang bergerak dalam perbankan syariah. Dengan mengambil singkatan iB, dengan huruf "i" di depan menandakan era baru dalam dunia perbankan. Peluncuruan perbankan syariah ini merupakan salah satu langkah awal dalam memberikan suatu era baru yang bermanfaat dan menguntungkan bagi masing-masing masyarakat di Indonesia, didukung pula dengan logo iB yang membantu proses buzz dari perkembangan perbankan syariah di Indonesia. Telah banyak bank-bank yang menyediakan pula layanan perbankan syariah sehingga akan mempercepat perluasan bank syariah di Inodnesia. Lalu apakah perbakan syariah benar2 booming di tengah-tengah masyarakat Indonesia? Apakah perbankan syariah benar2 dimengerti oleh masyarakat Indonesia?

Berbagai strategi harus diterapkan dalam rangka mempercepat pengembangan perbankan syariah di indonesia. Sudah merupakan langkah awal yang tepat dengan meluncurkan logo iB dan memasangnya pada bank-bank. Hal tersebut akan menarik penglihatan bagi setiap nasabah yang datang ke bank. Namun hal itu semua kurang membuat "greget" dan menarik minat yang besar dari masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan sosialisasi secara gencar dan meluas. Dari pihak perbankan. Diharapkan pihak bank melakukan promosi secara gencar dan memberikan penawaran serta kemudahan kepada para nasabahnya. Menjelaskan apakah yang dimaksud dengan perbankan syariah dan keuntungan apa saja yang didapatkan nasabah perbankan syariah.

Utamakan dan fokuskan keunggulan yang dimiliki oleh perbankan syariah, yaitu dalam iB / perbankan syariah mempunyai banyak produk dan beragam pula skema keuangan, sehingga baik pihak bank maupun pihak nasabah akan sama-sama mendapatkan keuntungan (simbiosis mutualisme). Bahwa perbankan syariah ini dapat menjangkau dan menyentuh semua golongan lapisan masyarakat, dan pada golongan bawah sekalipun. Dengan demikian akan memberikan suatu attractiveness dan awareness bagi para calon nasabahnya, untuk memikirkan bergabung dalam iB. Begitu membicarakan mengenai solusi keuangan yang menguntungkan dan beragam produk yang dimilikinya, masyarakat akan selalu teringat "perbankan syariah" dalam benak pikirannya.

Kemudian dalam rangka menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia, tak terkecuali lapisan bawah sekalipun, maka diperlukan penjelasan yang simple tapi mengena akan perbankan syariah. Kata-kata yang dipilih hendaknya memudahkan kaum awam untuk dimengerti apa maksudnya dikarenakan banyak dari masyarakat Indonesia yang masih awam akan istilah perbankan.

Selain itu semua, tingkat service perlu diutamakan, pemberian layanan yang menyenangkan akan memberikan suatu pengalaman yang baik bagi individu tersebut dan kemudian akan menyebar melalui word of mouth, di mana word of mouth (gosip dari mulut ke mulut) yang ditimbulkan akan mudah menyebar seperti virus, oleh karena itu diperlukan penjagaan citra baik dari perbankan syariah. Tidak hanya sekedar janji-janji manis belaka, namun iB atau perbankan syariah harus selalu konsisten dan bukti-bukti nyata sangat perlu ditonjolkan, bahwa islamic banking atau perbankan syariah bukan dari sekedar bank biasa, namun merupakan perbankan yang dapat memberikan keuntungan pula bagi nasabahnya, dengan berbagai produk dan skema keuangan yang ditawarkannya. Dukungan beragamnya produk-produk perbankan syariah, fasilitas, dan teknologi yang memadai, akan menarik minat nasabah dan membuktikan bahwa perbankan syraiah lebih dari sekedar bank biasa.

Adanya karakteristik masyarakat Indonesia yang lebih mudah percaya akan testimoni dan pengalaman orang sekitar, harus benar-benar dianggap serius oleh perbankan syariah. Dengan memanfaatkan teknologi Internet, dapat dibentuk suatu komunitas dengan memanfaatkan situs jejaring petemanan yang lagi booming, bagi perbankan syariah untuk saling berbagi pengalaman dan pemberian masukan yang membangun dari para nasabahnya sehingga perbankan syariah akan cepat dikenal luas, dan dapat pula selalu memperbaiki fasilitas dan layanannya yang kemudian pada akhirnya dapat menumbuhkan customer satisfaction.

Photobucket

0 komentar: