Viewers

Rancangan Rumahku

Sabtu, Juli 18, 2009
Kala ku kecil, aku suka berkhayal akna sebuah rumah. Aku sangat suka akan suasana pedesaan karena terkenal akan sejuk dan asrinya. Pernah ku mengunjungi sebuah rumah di sebuah desa di Magetan, Jawa Timur selama seminggu kala ku duduk di kelas 5 SD. Pepohonan baik itu tanaman obat ataupun pohon buah/sayur, pasti dimiliki oleh tiap rumah. Waktu ku bangun di pagi hari, hmmm... udara sejuk kuhirup melalui hidungku. Aku suka akan keadaan seperti ini.

Kala ku beranjak dewasa, aku tetap suka berkhayal karena kau masih belon bisa beli rumah sungguhan. Tapi kata orang jaman dahulu, kita harus mempunyai impian terlebih dahulu, baru kita bisa meraihnya. Maka dari itu, aku tetep berkhayal, merancang sebuah rumahku bersama keluargaku kelak...

Aku sekarang masih suka sekali dengan suasana pedesaan, masih terngiang jelas suara kicau burung di atas pepohonan dan masih teringat jelas akan rindang dan asrinya suasana di pedesaan, serta masih terasa di kulitku akan kesejukkan udara di pedesaan. Tapi aku sekarang harus realistis, aku hidup di perkotaan, tapi aku tetep semangat, aku mempunyai rancangan akan rumahku si suatu saat nanti.


Beginilah
"rancangan rumahku"
di dalam benakku:


1. aku tinggal di sebuah perumahan di kota Surabaya. Alasanku, karena aku adalah asli berpenduduk Surabaya, dan supaya ketika ku berada di dalam rumahku, aku bisa menikmati dan istirahat tanpa bising suara lalu lintas perkotaan. Tapi perumahan tersebut, hasrulah mudah dalam akses jalan rayanya, sehingga memudahkan dalam akses ke pekerjaan dan ke sekolah anak kelak. Intinya, tidak terpencil dari akses ke pusat kota Suarabaya.

2. Rumahku tidak terlalu besar, mungil juga tak apa, asalkan cukup untuk ditempati.

3. Desain rumahku adalah yang terpenting. Sehingga akan menjadi sebuah rumah yang unik namun nyaman untuk ditinggali. Konsep rumahku adalah tanpa pagar, jadi dari jalan langsung dapat masuk ke area rumahku. Sehingga suasana pedesaan kudapatkan. Untuk masuk ke dalam rumah, dibatasi dengan pintu kayu besar sebagai pembatasnya dna merupakan pintu ruang tamu.

4. Di depannya, terdapat sebuah taman kecil dan kolam ikan mini. Taman tersebut akan kuisi dengan rerumputan seperti rumput di padang golf. Kutanami dengan tanaman buah-buahan dan obat-obatan, serta di pinggir taman kutanami pohon bambu. Lalu kolam kuisi dengan ikan koi, sepasang cukup karena luas kolam adalah mini. kolam tersebut kututupi dengan tutup dari besi dengan motif kotak2 sehingga di waktu hujan, ikannya tak bisa melompat keluar kolam dan lenyap deh. Di area taman dan kolam tersebut, akan kupasang sepasang patung mini berbentuk anjing, karena aku sangat suka anjing, cute banget. Wah bener2 asri dan rindang bukan???

5. Masuk yukk, ke dalam rumah aku. Kita lihat bagaimana desainnya. Desain yang kuambil adalah simpel minimalis. Walau aku suka denagn warna biru, namun rasanya kurang elegan jika rumahku didominasi degan warna biru. Jadi, kuambil warna coklat cream untuk warna dasar rumahku. Pas juga kan dengan suasana pedesaan, warna kayu-katuan gitu. Lantainya akan kuberi lapisan dengan motif lantai kayu2. Kemudian seluruh isi rumah, akan kuberi wallpaper.

6. Untuk ruang tamu, tak perlu besar2. Untuk memberikan udara segar, kupasang jendela super besar dan lebar. Kulengkapi dengan wallpaper warna cream dengan kombinasi coklat. Kursi sofa minimalis warna coklat mempercantik ruang tamuku. Lampunya kupakai yang model unik panjang, dengan kombinasi warna bohlam putih dan kuning, maksudnya biar kelihatan elegan namun tetep terang. Di dindingnya akan kupajang foto2 keluarga sebagai ajang pamer sekaligus narsis.

7. Rumahku cukup dengan 3 kamar tidur. Semuanya tetap dengan konsep minimalis dan warna coklat cream. Kamar satu merupakan kamar utama. Terdapat kamar mandi yang desainnya juga simpel minimalis. Untuk memberikan kesan luas, kuberi kaca besar yang ditempel di dinding kamar. Mengenai tempat tidur, aku pengen yang unik. Terbuat dari papan berwarna cream yang lebarnya full dri tembok kamar kiri hingga tembok kamar kanan. Di papan tersebut, atasnya kuberi laci yang dapat dibuka ke dalam, sehingga bisa digunakan untuk menyimpan sprei, bed cover, dll. Di atas papan tersebut dan di atas laci papan tersebut, kutaruhlah kasur pegas empuk. Hanya kuletakkan begitu saja, sehingga bila ingin mengambil sprei, dll tinggal mengangkat kasur pegas tersebut. Ya, seperti lemari rahasia di bawah kasur, begitu deh...

8. Mengenai kamar mandi dalam kamar utama, konsepnya kamar mandi kering sehingga kupasang shower begitu saja yang dilengkapi dengan pintu kaca sebagai pembatas kamar mandi kering dan shower. Kemudian juga ada toilet dan wastafel. Untuk menghindari jamur di dinding, kaan kuramik full kamar mandi tersebut. Keramiknya kupake warna biru laut dengan ada gambar lumba2nya. Akhirnya warna favoritku bisa muncul pada kamar mandi hehe...

9. Kamar dua dan kamar tiga, desainnya sama dengan kamar satu/utama, menggunakan papan yang ada laci tersembunyinya kemudian atasnya diletakkan kasur pegas empuk. Namun tidak dilengkapi dengan kamar mandi.

10. Satu kamar mandi umum terdapat di luar kamar tidur, sehingga dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga dan bahkan tamu yang kebetulan lagi kebelet pas bertamu. Konsep kamar mandi umum ini, kusamakan dengan kamar mandi dalam kamar satu/utama, supaya tidak ribet.

11. Untuk urusan dapur, aku akan memakai kitchen set dengan rak dan laci full atas dan bawah, sehingga peralatan dapur dapat masuk semua ke laci kitchen set. Kemudian juga kusertakan kulkas, dispenser, microwave, kompor dengan 3 sumbu plus cerobong asap di dalamnya. Dalam dapur ini, ada pula meja dan kursi makan, tapi kecil aja, untuk 4 orang.

12. Semua ruangan, ruang tamu, kamar tidur, dapur, hingga kamar mandi akan kupasang speaker kecil bulat di pojok ruangan, sehingga dapat terdengar lagu instrumen yang akan kupasang tiap hari, mulai dari instrumen piano, instrumen air, hingga instrumen suara kicauan burung untuk menambah suasana asri pedesaan.

Kira2 begitu deh gambaran rancangan rumah impian ratna, sebuah rumah yang simpel, minimalis, elegan, dan modern, namun tetap menunjukkan suasana asri seperti suasana pedesaan...


sumber gambar : iphotostock
sumber ide penulisan : turut serta lomba propertykita



Photobucket

6 komentar:

Anonim at: Minggu, Juli 26, 2009 1:40:00 PM mengatakan...

wuahhh bener2 rancangan rumah yg menyenangkan

TR at: Senin, Juli 27, 2009 9:09:00 AM mengatakan...

yuppie, rumah merupakan tempat istirahat, so mesti yang nyaman dunk...!!

Dhanie at: Senin, Agustus 10, 2009 8:45:00 AM mengatakan...

pengen punya gambar lumba-lumba di kamar mandi juga.. :-)

Dhanie at: Senin, Agustus 10, 2009 8:47:00 AM mengatakan...

pengen punya gambar lumba-lumba di kamar mandi juga.. :-)

Rumah Eros at: Rabu, Agustus 26, 2009 10:26:00 PM mengatakan...

setiap orang memiliki rumah idaman masing-masing. meskipun saya pun memiliki impian yang muluk dengan rumah yang besar dan mewah full teknologi. dimana semua perangkat terhubung ke komputer dan internet. tapi ya sekedar khayalan. yang terpenting bagi saya rumah itu nyaman dan sehat untuk ditempati sekeluarga. keluarga kecil, bahagia dan cukup lahir batin itu saja.

oia ditunggu komentar berkualitasnya juga dalam tulisan 'Rumah Impian...'.cheers..

Rumah Impian at: Sabtu, September 05, 2009 10:58:00 AM mengatakan...

Saya juga punya rumah impian. :) Semoga rumah impian kita bisa terwujud ya! jadi gak hanya sebatas mimpi.