Marketing of Djarum Black

Selasa, Maret 17, 2009

Suatu bisnis berkaitan dengan marketing yang diusung dan dijalankannya sehingga dapat dikatakan bahwa kesuksesan bisnis terletak pada marketingnya. Dengan demikian terdapatlah bauran pemasaran (marketing mix), yang umumnya terdiri atas Product, Price, Place, dan Promotion, di mana kesemuanya tersebut berkolaborasi sehingga dapat memajukan suatu bisnis. Tim marketing yang kreatif dan selalu inovatif akan mempengaruhinya, terlebih lagi di tengah-tengah persaigan bisnis yang makin ketat ini.


Nah...untuk produsen rokok, haruslah lebih kreatif dan inovatif dibandingkan dengan produk2 non rokok dikarenakan bagi produsen rokok, mereka tidak leluasa dalam bermarketing karena adanya batasan2 / koridor dari Pemerintah yang harus dipatuhi. Tim marketing dari Djarum Black show off dengan bangga akan kemampuannya. Mereka mengemas marketing ke dalam konsep yang unik namun tetap melekat di hati konsumennya. Target dan Segmentasi Djarum Black difokuskan bagi kawula muda sehingga dalam ber-marketingpun, mereka tetap fokus pada targetnya.


Beberapa hal yang dapat kita cermati, Djarum Black turut peduli akan konsumennya. Djarum Black sebagai bagian dari marketingnya, mengadakan berbagai macam kegiatan kawula muda, seperti Black Innovation Awards, yang menjaring anak2 muda yang kreatif dengan ide2 brilliantnya, klop juga dengan gambar posternya yang majang lampu sedang menyala. Trus...juga ngadain lomba blog di mana hal ini juga akan menjaring Black Community dan Black In News akan selalu didapatkan konsumennya melalui website autoblackthrough-nya. Dengana danya kontes blog ini, masing2 peserta juga saling berinteraksi dan sharing lewat blog. Kemudian bagi pencinta otomotif, Djarum Black juga mengusung berbagai kegiatan di dalamnya, sehingga mempunyai komunitas tersendiri seperti Black Car Community dan Black Motor Community.


Djarum Black memeang kerenzz dan TOP banget deh, dengan segudang ide2 brilliant-nya sehingga mempunyai komunitas yang tidak akan selingkuh ke lain hati...

3 komentar:

ajeng at: Selasa, Maret 17, 2009 3:19:00 PM mengatakan...

Itu sih emang strategi pasar mereka.. Coz kalau lewat media lain sulit,soale produc rokok sih.

TR at: Rabu, Maret 18, 2009 8:09:00 AM mengatakan...

@ajeng: lha makanya itu sebagai produsen rokok, harus pinter2 ambil celah dalam ber-marketing sehingga selalu dapat melekat di hati konsumennya...

bunda at: Jumat, April 03, 2009 3:25:00 PM mengatakan...

produk rokok di Indonesia memang paling mudah sepertinya meraup keuntungan ya, sebab rambu2 dr pemerintah tidak sekeras di negara2 maju..