Facebook yang Mendunia

Senin, Maret 02, 2009
Situs pertemanan akir2 ini berkembang pesat bak roket. Terutama Facebook. Yup...tentu tidak asing lagi di telinga kita akan Facebook atawa biasa juga disebut dengan FB. Nah dalam artikel kali ini, akan dibahas mengenai Facebook. Ditemukan oleh seorang mahasiswa drop out Harvard University yang bernama Mark Zuckerberg dengan usianya 23 tahun dan diluncurkan pada 4 Februari 2004. Memang Mark ini sudah hobi komputer dan especially internet sejak dia duduk di SMA.

Mark Zuckerberg ini awalnya membuat FB untuk menjalin pertemanan sesama mahasiswa dari Harvard University. Kemudian semakin banyaknya anggautanya, muncul ide untuk memperluasnya ke sekolah-sekolah lainnya. Kemudian terus tersebar hingga seantero dunia ini. Facenookpun kian dikenal dan orang tertarik membuat account FB, dikarenakan dalma FB kita dapet saling berkenalan dengan teman-teman baru dari berbagai dunia, dapat menemukan teman-teman lama kita, sharing, menuliskan artikel, membuat suatu grup, serta memajang foto-foto keren kita. Selain itu, terdapat fasilitas games dan gift yang dapat kita sharing-kan dengan teman2 kita.

Nah berkat kehadiran FB ini, maka situs pertemanan lainnya mulia tergeser, salah satunya adalah friendster (FS). Orang2 kini cenderung berpindah ke lain hati, yaitu FB. Tak heran kini di FS menjadi kurang aktif dan banyak yang tidak di update lagi. Bisa bayangkan, bagaimana kekayaan yang diraup sang penemu dari mendunianya FB ini? Kekayaannya sekarang mencapai setara Rp. 13,95 T. Wow.....bener2 spektakuler. Two thumbs up deh bagi Mark.

Kesuksesan FB ini membuat banyak investor yang tertarik. Pendiri Paypal (Peter Thiel) invest US $ 500.000. Investor lainnya menambah invest ke FB ini seperti Greylock Partners dan Meritech Capital Partners serta Peter Thiel kembali invest sebesar US $ 25 jeti. Yahoo pun tak mau ketinggalan, Yahoo offer akuisisi sebesar US $ 1M, namun batal dikarenakan keuangan Yahoo di akhir 2006 menurun. Tapi selepas hal itu, hal ini membuktikan bahwa FB memang layak. Seorang Bill Gates pun tertarik pada FB ini. Oktober 2007, Bill Gates membeli 1.6% saham FB seharga US $ 240 juta. Bahkan dri investor Hongkong (Li Ka-Shing) juga menanamkan uang sebesar US $ 60 juta pada FB ini.

Walau sekarang Mark telah menghasilkan kekayaan yang melimpah ruah, namun sosok Mark tetaplah seperti dulu. Low profile denagn pakaian casual serta masih menetap pada apartment tipe studio nya dengan perabotan seperti selembar kasur dan 2 buah kursi. Wah pantas di tiru ni, Mark tetap rendah hati dan tidak bergaya begitchhuuu seperti kebanyakan orang kaya baru.


sumber: forbes.com

Photobucket

0 komentar: