KPK

Rabu, Desember 31, 2008

~ Wujudkan Indonesia yang Bebas dari Korupsi ~



Tahun 2008, KPK sangat rame dibicarakan, dimana KPK merupakan komisi pemberantasan korupsi yang bertindak sebagai penyelamat uang negara.


Akhir2 ini marak sekali pemberitaan di berbagai media akan korupsi dan karuptor, untuk memberantas hal tersebut dibentuklah suatu komisi, yang dinamakan KPK (komisi pemberantasan korupsi). KPK selalu memegang prinsip bahwa negeri ini hokum harus menjadi panglima, KPK tak peduli siapa yang menjadi tersangkanya, namun melihat dari apa yang dilakukannya yang melanggar hukum.



Dalam struktur organisasi KPK, Antasari Azhar bertindak selaku ketua KPK periode 2007-2011 di mana masuk dalam Dewan Komisioner KPK yang terdiri dari 5 pimpinan dan bersifat kolegial (pendawa lima penumpas koruptor). Empat orang lainnya yang menjadi dewan komisioner KPK adlaah Inspektur Jenderal (purnawirawan) Bibit Samad Rianto, Chandra M. Hamzah, Haryono Umar, dan Mochammad Jasin. Empat orang inilah menjabat sebagai wakil ketua KPK. Dalam menjalankan tugasnya sehari2, dewan komisioner KPK dibantu 4 deputi dan sekretaris jenderal. 4 deputi itu terdiri dari deputi pencegahan, deputi penindakan, deputi informasi dan data, serta deputi pengawasan internal dan pengaduan masyarakat, sedangkan urusan administrasi ditangani sekjen.


Seiring bertambahnya waktu, kinerja KPK dituntut makin prima agar dapat memenuhi harapan masyarakat Indonesia yang juga makin tinggi. Pimpinan KPK terus berusaha keras memenuhi harapan masyarakat itu. Terbukti tak henti2nya, para tersangka koruptor termasuk yang kelas kakap dari smeua kalangan dirangkapi da diproses di pengadilan. Namun tindakan KPK ini juga mendapat kritik tajam, di mana dianggap melakukan tebang pilih kasus2 korupsi. Ada yang bilang juga kalo anggaran yang digunakan KPK tidak sepadan dengan uang negara yang dapat diselamatkan. Hingga kini, KPK masih tetap kokoh berdiri dan seomoga makin perkasa sehingga menjadi momok bagi koruptor dan negeri kita akan terbebas dari koruptor.


Sumber :

majalah GATRA No. 07 tahun XV, 25-31 Desember 2008.

http://www.kpk.go.id

0 komentar: