Viewers

Kiat Ford

Senin, Desember 15, 2008

Mobil Ford kian berkibar, dibuktikan dengan pertumbuhan penjualan Ford semester I 2008 yang mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2007, yang mencapai 3.132 unit mobil. Di Negara kita, Ford yang telah dipegang langsung oleh Ford Motor Indonesia, mengambil alih semua lini bisnis mereknya sejak tahun 2002. Kemudian pada posisi itulah, Ford terus melejit. Ford saat ini telah menduduki posisi 9 di antara 30 merek di Indonesia dalam hal penjualan dan telah menguasai 1,5% market share.


Langkah pertama yang dilakukannya adalah memperbaiki quantity and quality distribusi dengan berusaha meng-cover wilayah Indonesia dengan jaringan yang merata. Selain distribusi, Ford juga meningkatkan kualitas pelayanannya, dengan bekerjasama dengan 11 group dealer yang punya sekitar 30 outlet tersebar di seluruh Indonesia, di mana dealer2 yang dipilihnya harus memenuhi standard, loyal akan merek Fors, professional, dan memiliki skill dalam otomotif sehingga dealer2 tersebut akan dapat mendukung target2 yang dibuat oleh Ford.


Target market Ford adalah orang dari kalangan yang telah mapan ekonominya, baik dari kalangan professional ataupun pengusaha, yang suka akan mobil2 dengan kesan MACHO, sesuai dengan positioning asli Ford di Amerika, yaitu “buikt for tough”. Ke depannya Ford akan melebarkan target marketnya, utamanya di wilayah asia pasifik dengan karakter konsumen urban dan stylish (“make everyday exciting”).


Diakui Ford, bahwa mobil2 keluaran Ford ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, di atas 200 juta rupiah, namun ke depannya (tahun 2010), Ford akan memfokuskan pada entry level yang merupakan orang di mana baru pertama kali memiliki mobil baru. Salah satunya adalah Ford Verve, di mana akan menjadi saingan bagi Suzuki Swift dan Toyota Yaris. Sehingga diharapkan dapat menyumbang penjualan bagi Ford. Saat ini, penjualan Ford Motor Indonesia, penyumbang terbesar dari Ford Ranger yaitu sebanyak 60%, kemudian Ford Everest (mobil keluarga, family adventure), Ford Escape (real SUV), dan Ford Focus.


Ford Ranger merupakan dominasi dalam pencetak angka penjualan Ford Motor Indonesia karena Ranger biasanya dibeli secara partai besar (fleet), yang untuk mendukung bisnis yang dijalankan pembelinya, jadi konsepnya adalah B to B Marketing. Bahkan dijelaskan lagi, bahwa penjualan Ford Ranger, 95% melalui konsep B to B sedangkan sisanga melalui penjualan ritel biasa.


Di tahun 2009 ke depan, Ford tetap optimis. Ford akan tetap menjalin komunikasi dengan konusmen. Ford juga kerpa melakukan below the line activity yang dikemas sesuai segmen masing-masing produk. Contohnya: Driving Skill For Life (Ford Ranger), Escape Extreme Zone, Family Everest Adventure Challenge, dan Ford Focus Touring Car Championship.


Krisis financial global yang telah melanda ini, tidak akan menyurutkan langkah Ford untuk selalu optimis. Ford akan tetap konsisten dlama melakukan penetrasi pasar, utamanya di B to B market. Ford juga melakuakn perbaikan jaringan distribusi, dan bersiap-siap menyambut kedatangan produk baru Ford tahun 2010.


Sumber : Marketing 12/VIII/Desember 2008

0 komentar: