moon cake

Selasa, Juli 22, 2008
Moon cake atau terjemahan indonya adalah kue bulan. Kue ini berbentuk bulat en rasanya manis dengan berbagai kombinasi, seperti telur, kacang, dll. Konon katanya, moon cake ini mempunyai sejarah denagn filosofinya yang tinggi. Kue ini sebagai perlambang puji dan syukur akan semua rejeki yang diterima selama setahun.



Terdapat beberapa version mengenai cerita sejarah moon cake.
1. Hou Yi dan Chang Oh
Konon di langit terdapat 10 matahari yasng berfungsi menghangatkan bumi. Dan saat musim panas, 10 matahari tersebut memancarkan sinarnya sehingga mengakibatkan kemarau dan bencana kekeringan. Rakyat juga amat menderita. Kemudian muncullah ide dari Kaisar untuk memnaggil Hou Yi, pemanah handal, untuk memanah 9 matahari tersebut, dan usaha itu berhasil. Kemarau dan bencana kekeringann dapat segera berakhir. Kemudian atas jasanya, Kaisar memberi Hou Yi uang dan perhiasan, dan hadiah tersebut digunakan Hou Yi untuk menikahi Chang Oh. Beberapa saat setelah itu, Kaisar memanggil kembali Hou Yi untuk membangun istana yang baru denagn dihiasi emas permata, sutra, dan handicraft yang terbaik. Hou Yi juga terkenal sebagai seorang arsitek yang handal. Dalam tugasnya ini, Hou Yi dihadiahi Kaisar sebuah botol kecil yang isinya elixir keabadian. Namun Kaisar juga memberitahu Hou Yi agar meminum isi botol tersebut bersama-sama dengan istrinya, tidak diminum seorang diri saja. Hou Yi segera memberitahukan hadiah tersebut kepada istrinya, dan Chang Oh langsung saja meminum isi botol elixir keabadian itu semuanya seorang diri. Akibatnya, Chang Oh merasakan kepalanya berputar2 dan akhirnya terjatuh, kemudian badannya terasa ringan banget menyebabkan melayang hingga ke langit. Berbagai usaha dilakukan Chang Oh untuk menahan tubuhnya agar tidak melayang, dengan berpegangan pada kursi, tumbuhan, suaminya, dna terakhir memegang kandang kelinci yang di dalamnya ada kelinci putihnya. Tubuh Chang Oh terus melayang dan menghantarkannya sampai ke bulan. Chang Oh hidup sendiri tanpa suaminya di bulan, namun ada kelinci putih yang dibawanya juga ikut menemani. Anehnya, ada suatu keajaiban yang hanya muncul bulan ke8 lunar kalender (September-Oktober) pada malam hari, yaitu sebuah jembatan yang menghubungkan Bulan-Bumi. Dan hal itu dimanfaatkan Chang Oh untuk menemui suaminya, Hou Yi, hanya semalam saja.


2. Raja Ho Le
Raja Ho Le ini merupakan raja yang tamak, tidak memperdulikan rakyatnya yang menderita. Raja Ho Le juga menyuruh beberapa tabib untuk membuatkannya obat demi memperpanjang umurnya. Namun permaisurinya, Ratu Jango, tidak setuju atas keinginan baginda raja, sang ratu juga ingin menyelamatkan rakyatnya dari ketamakan Raja Ho Le dengan mencuri obat tersebut kemudian diminumnya sendiri. Sungguh aneh, setelah minum ramuan obat panjang umumr tersebut, sang ratu menghilang dan muncul dalam mimpi seorang suhu, dalam mimpi suhu tersebut, sang ratu mengatakan bahwa dirinya RATU JANGO telah berada dan bersemayam di bulan dan dia menyebut dirinya sebagai Dewi Bulan.

2. Perjuangan
Sewaktu Cina dijajah oleh Mongolia, pemerintahan Cina sangat buruk, di mana jajaran pemerintahan beserta raja2 nya hidup foya2 dan hura2 sementara itu, rakyat sangat menderita. Kemudian rakyat merencanakan untuk revolusi pada saat perekonomian juga kacan. But, pesan revolusi ini tidak dapat disebarluaskan karena adanya pengawasan yang ketat dari pemerintahan Mongolia. Sampai pada akhirnya, seorang aktivis, Chu Yuen-chang beserta deputi seniornya, Liu Po-wen, memperkenalkan makanan yang disebut moon cake, di mana diyakininya dengan memakan moon cake tersebut pada saat perayaan festival terang bulan (Chung Chiu festival), maka rakyat akan terbebas dari semua krisi yang ada dan terhindar dari segala penyakit. Moon cake tersebut dibagi2kan ke seluruh rakyat, dna pada saat festival terang bulan tiba, rakyar membuka kue bulan mereka dan ditemukan secarik kertas yang bertuliskan habisi orang tartar pada tanggal 15 bulan delapan. Ternyata moon cake tersebut dijadikan sarana untuk menyebarkan rencana revolusi tanpa sepengetahuan Mongolia. Akhirnya, seluruh rakyat bangkit untuk melawan Mongolia dan success.

0 komentar: