kiat melobi

Kamis, Juli 31, 2008

Melobi…merupakan persyaratan wajib bagi pebisnis untuk dapat mempengaruhi sehingga terbentuk suatu kesan yang positif terhadap bahasan topic lobi kita en menyetujuinya. Perlu diingat, bahwa dalam melobi kita perlu menerapkan pendekatan win-win sehingga kedua belah pihak sama-sama memiliki nilai yang positif dalam topic lobi tersebut.


First, kita kudu menetapkan apa yang jadi sasaran lobi kita secara rinci en jelas. Terus kita juga tentuin sapa yang jadi target kita dalam melobi. Then, setelah itu, kita juga harus menggali info sebanyak2nya yag dapat kita manfaatin untuk menentukan startegi yang kita pakai dalam melobi.

Nah, masuklah kita pada implementasi. Setelah kita menyiapkan semua sasaran en target kita, juga informasi2 yang mendukung, kita memulai melalukan kontak dengan si target, menentukan lokasi lobi, serta menjelaskan rencana apa aja selama proses lobi. Tentunya, kita juga perlu mendalami karakteristik, pola pikir, cara pandang, habit, reputasi dari sasaran target lobi kita. Kemudian kita benar2 melaksanakannya (implementasi), en tak luput kita juga kudu melakukan feedback atau review, so kedepanne kita dapat belajar dari pengalaman sebelumya.

Dari lepas dari itu semua, diperlukan juga dari kita sendiri akan kemampuan dalam mempengaruhi sasaran lobi kita, bagaimana cara kita berkomunikasi, dan menjelaskan rencana2 setelah proses lobi disetujui dan apa pula benefit yang didapatkan, tidak dari 1 pihak saja, tapi juga dari 2 pihak (karena pendekatan yang digunakan harus win-win). Pelobi juga dituntut mempunyai wawasan yang luas, knowledge dan experience sehingga mampu mengola situasi yang ada. Pelobi yang handal dituntut juga mempunyai suatu keterampilan interpersonal (=yaitu kemampuannya yg baik dlaam bersosialisasi) dan kemampuan menjadi pendengar yang aktif (active listener) dan assertive presenter.

Melobi dengan handal dapat kita gunakan sebagai keterampilan en kemampuan khusus dalam usaha meniti karier, terutama pada manajemen puncak.

1 komentar:

Anonim at: Kamis, Mei 14, 2009 11:27:00 AM mengatakan...

thanks bgt infonya............