kram betis

Kamis, Juni 05, 2008
Enak-enak tidur terlelap, eh tiba2 kebangun gara2 betis ini lagi keraaam, sakiiittt banget bahkan sampe guling2 en teriak2. emang napa sich kita bisa kram betis kita?
Menurut ahlinya, konon kram disebabkan karena:
1. kekurangan vitamin B
2. Kelelahan
3. Kekurangan kalsium
4. kamar tidur terlalu dingin dan udara dr AC/kipas angin yg langsung mengenai kaki
5. tubuh sedang mengalami dehidrasi, kekurangan kalsium dan magnesium.

Terusss... gimana donk cara mengatasinya, khan kita ga mau tidur kita keganggu???
1. konsumsi makanan kaya kalsium dan magnesium (susu, buah berwarna terang dan aneka sayuran berdaun). Kalau ini sulit dipenuhi, dapat mengonsumsi suplemen dalam bentuk tablet. Batasi makan jeruk, daging merah, hati dan kacan-kacangan.
2. Minum air putih lebih banyak dari biasanya
3. olahraga teratur
4. Jika kram menyerang malam hari, bangkitlah dari tempat tidur. Lalu, berdiri beberapa saat. Tetap lakukan meski kaki terasa sakit.
5. Pakai kaos kaki kalo udara kamar dingin
6. lakukan pijatan. Luruskan kaki. Minta bantuan u/ menarik telapak kaki ke arah tubuh dengan sebelah tangan, sementara tangan satunya menekan lutut ke bawah. Tahan beberapa detik sampai kramnya hilang (tapi masak malem2 bahkan dini hari gangguin orang suruh bangun??)
7. menarik bagian kram ke arah berlawanan secara perlahan. Tahanlah posisi tersebut beberapa detik shg ketegangan pada otot mengendur.
8. Setelah sakit reda, lakukan pemijitan 5-10 menit di area kram untuk mengendurkan otot dan memberi kehangatan. kram juga bisa karena kelelahan, seperti setelah berolah raga. Bila hal ini yang terjadi, kompres dengan es di sekitar area kram, bukan tepat di atas area kram.
9. Mandi/berendam dengan air hangat sebelum tidur untuk mengendurkan seluruh otot yang tegang.
10. Lakukan peregangan sebelum tidur, namun hindari penegangan/meluruskan ujung jari kaki saat peregangan maupun tidur dan usahakan agar kaki-kaki anda tetap hangat selama tidur.
11. Hindari melakukan olah raga atau aktivitas berat. Oleh karena itu, lakukan pernafasan secara benar sebelum berolah raga atau melakukan aktivitas fisik dan melakukan dan lakukan pendinginan setelah selesai. Hal tersebut memberikan kesempatan bagi otot untuk menyesuaikan diri sehingga tidak menimbulkan kram. Akan lebih baik jika pemanasan ini dilakukan setiap pagi setelah bangun tidur, dengan senam kecil.
12. Tak ada salahnya melakukan peregangan setelah melakukan satu kegiatan terus menerus dalam beberapa lama. Misal setelah duduk terus menerus di depan computer, berada di pesawat atau kendaraan yang memakan waktu lama atau berjalan kaki jarak jauh
13. melakukan pemijatan atau kompres hangat pada daerah yang tegang, kemudian dilanjutkan dengan meregangkan otot-otot tersebut.
14. merendam kaki secara bergantian dengan air hangat selama 10-15 menit kemudian air dingin selama 3 menit. Ini adalah cara yang efektif untuk melancarkan sirkulasi darah. Baik sekali kalau dilakukan setiap hari untuk mencegah terulangnya kram.

0 komentar: